Minggu, 11 Agu 2019 08:10 WIB

Tidur di Atas Charger Ponsel, Leher Wanita Ini Alami Luka Bakar

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sang wanita harus menjalani perawatan luka bakar. (Foto: Thinkstock) Sang wanita harus menjalani perawatan luka bakar. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Leher seorang gadis 19 tahun terluka, akibat tidur dengan ujung pengisi daya ponsel tepat di bawah bantalnya. Pengisi daya tersebut dicolokkan ke stopkontak listrik tanpa terhubung dengan ponselnya. Hal ini diperburuk dengan kalung rantai panjang yang digunakan gadis tersebut, yang mengalirkan arus listrik ke lehernya hingga membuatnya terluka.

"Beberapa saat setelah berbaring, dia merasakan rasa sakit yang sangat hebat dan sensasi seperti terbakar di sekitar lehernya. Untungnya, dia segera melepas kalungnya dan pergi ke ruang gawat darurat," kata dr Baruch Fertel, MD, salah satu dokter di Cleveland Clinic, Amerika Serikat.


Dikutip dari Health, kejadian tersebut tidak menyebabkan luka bakar yang terlalu parah. Luka pada lehernya terjadi karena efek aliran listrik yang mengalir melewati kalung rantai yang bersentuhan langsung dengan kulitnya.

Gadis yang tidak ingin diketahui namanya mengalami debridasi pada lukanya. Hal ini mengharuskan dokter yang merawatnya, harus menghapus potongan kalung atau jaringan yang rusak. Selanjutnya diobati menggunakan morfin.

"Kejadian ini memberikan kita pelajaran untuk tidak tidur berdekatan dengan ponsel maupun pengisi dayanya. Selain luka seperti ini, bermain ponsel sebelum tidur juga dapat merusak kulit hingga mata kita," jelas dr Fertel.

Tak hanya itu, dr Fertel juga menganjurkan untuk meletakkan ponsel dengan jarak setidaknya sejauh satu lengan. Ini dilakukan untuk menghindari terpaparnya radiasi dari ponsel, maupun kejadian seperti yang dialami gadis tersebut.



Simak Video "Kelamaan Main HP, Bisa Bikin Mata Buta Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)