Rabu, 14 Agu 2019 08:10 WIB

Ngeri, Gigi Palsu Pria Ini Nyangkut di Tenggorokan Usai Operasi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Gigi palsu tertinggal di dalam tubuh seorang pasien usai operasi. (Foto: Thinkstock) Gigi palsu tertinggal di dalam tubuh seorang pasien usai operasi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Delapan hari usai operasi, dokter ini baru sadar gigi palsu pasiennya 'tertinggal' di tenggorokan usai menjalani operasi. Pasien tersebut sebelumnya menjalani operasi untuk menyingkirkan benjolan jinak di dinding abdomennya.

Pasien yang merupakan seorang pria berusia 72 tahun tersebut dilaporkan kembali ke rumah sakit enam hari usai operasi. Ia mengeluh adanya darah di mulutnya, kesulitan bernapas dan menelan, sehingga menyebabkan ia sulit memakan makanan padat.

Dikutip dari CNN, awalnya para dokter tak menemukan apa masalah pria tersebut. Akhirnya ia dipulangkan dengan resep untuk cairan pencuci mulut, antibiotik dan steroid.


Dua hari kemudian ia kembali dan gejalanya memburuk, ia dicurigai mengidap pneumonia. Namun ternyata, setelah hasil pindaian pada dadanya keluar, terlihat ada benda asing di dekat pita suaranya yang menyebabkan pembengkakan internal.

Rupa-rupanya gigi palsu si pasien tertinggal dan nyangkut di tenggorokannya. Setelah menjalani operasi untuk mengambil gigi palsu tersebut, selama beberapa bulan ia masih mengalami komplikasi sampai akhirnya sembuh.

"Tidak ada pedoman nasional yang ditetapkan tentang bagaimana gigi palsu harus dikelola selama anestesi, tetapi diketahui bahwa membiarkan gigi palsu selama ventilasi bag-mask memungkinkan penyegelan yang lebih baik selama induksi (ketika anestesi diinfus), dan oleh karena itu banyak rumah sakit mengizinkan gigi palsu harus dilepaskan segera sebelum intubasi (ketika tabung dimasukkan ke jalan napas untuk membantu pernapasan),"tulis penulis studi dari kasus ini yang dipublikasikan di British Medical Journal.

Mereka melanjutkan, sangat penting bagi dokter untuk mendengarkan pasien mereka. Telah lama diketahui bahwa dokter bisa mendapatkan mayoritas informasi yang dibutuhkan untuk membentuk diagnosis berdasarkan dari riwayat pasien.



Simak Video "Kenali Cara Operasi Bibir Sumbing"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)
News Feed