Rabu, 14 Agu 2019 11:58 WIB

Operasi Gagal dan Menjadi Lumpuh, Seorang Wanita Dapatkan Rp 798 juta

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi lumpuh. Foto: Thinkstock Ilustrasi lumpuh. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang wanita di New York harus merasakan kesakitan yang luar biasa setelah operasi untuk memperbaiki tulang punggungnya gagal dan membuatnya lumpuh. Karena itu, wanita bernama Patricia Jones mendapatkan uang Rp 798 juta sebagai kompensasi.

Pada 2009 lalu, ia menjalani operasi tulang punggungnya di Good Samaritan Hospital in Suffern, New York. Sayangnya 24 jam setelah operasi, tekanan darah Patricia turun drastis dan ia tidak bisa menggerakkan tubuhnya.

Hal itu terjadi bukan tanpa alasan. Setelah dilakukan CT scan, ahli radiologi mengatakan bahwa ada perdarahan di kanal tulang belakangnya yang disebut dengan hematoma. Kondisi ini pun dianggap darurat.

Namun dua dokter yang menanganinya, dr George Alexander Jones dan dr Daniel Spitzer, tidak percaya bahwa itu adalah hematoma. Sebaliknya, kedua dokter itu mengatakan bahwa Patricia mengalami stroke dan mereka tidak bisa melakukan apapun lagi.



Sejak kejadian itu, Patricia hanya duduk di kursi roda dengan kelumpuhannya. Namun keluarganya tidak tinggal diam. Pengacaranya, Evan Torgan menggugat kedua dokter itu ke pengadilan dengan dugaan malpraktik.

Dalam pengadilan, diagnosis stroke yang dilakukan kedua dokter tersebut ditolak hakim. Alhasil terungkap bahwa kelumpuhan yang diderita Patricia karena saat operasi ada tulang yang entah bagaimana patah dan tersangkut di selubung dekat sumsum tulang belakang. Tulang itu terperangkap dan menghancurkan bagian sumsum tulang belakang, secara permanen merusak beberapa serabut saraf.

"Ahli bedah yang melakukan operasi mengetahui bahwa ada yang rusak melalui monitor selama prosedur operasi. Namun mereka tidak memberitahu siapapun," kata Torgan dikutip dari DailyMail.

Karena itu, pengadilan akhirnya memutuskan kedua dokter bersalah dan memberikan ganti rugi kepada Patricia untuk biaya pengobatannya di masa depan.



Simak Video "Kenali Cara Operasi Bibir Sumbing"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)
News Feed