Rabu, 14 Agu 2019 18:31 WIB

Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud Nyaris Bikin Nyawa Wanita Ini Melayang

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi cotton bud. Foto: thinkstock Ilustrasi cotton bud. Foto: thinkstock
Jakarta - Membersihkan telinga menggunakan cotton bud mungkin terdengar sebagai aktivitas biasa yang tidak membahayakan. Namun aktivitas ini justru nyaris membuat nyawa wanita asal Australia ini melayang.

"Aku membersihkan telingaku dengan cotton bud tiap malam, aku merasakan ada sedikit nyeri saat aku menyorongkan masuk," tutur Jasmine (37), dikutip dari Fox News.

Selama bertahun-tahun, Jasmine menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinganya dan tak pernah ada masalah. Namun ternyata, kebiasaan 'tak berbahayanya' itu malah membuat telinganya sering berdenging kecil dan membuat pendengarannya kurang.


Ketika akhirnya terasa mulai parah, ia memeriksakan diri ke dokter dan diberikan resep antibiotik untuk diagnosis infeksi telinga. Ternyata kondisinya justru tidak membaik sampai cairan berwarna cokelat dan hingga darah keluar dari lubang telinganya.

Ia kembali mengunjungi dokter dan menjalani tes pendengaran. Jasmine dipastikan mengalami tuli sedang di telinga kirinya. Kemudian ia mengunjungi dokter THT yang mendiagnosis dirinya terkena infeksi bakteri parah yang 'memakan tengkorak di belakang telinganya'.

Dokter menyebut jika terlambat infeksi ini bisa membahayakan nyawanya. Bulan depannya, ia menjalani operasi untuk menyingkirkan infeksi tersebut.

Dokter bedah juga harus merekonstruksi liang telinganya dan mengangkat jaringan yang terkena infeksi. Rupa-rupanya, hal ini disebabkan oleh serat dari cotton bud yang tertinggal, lalu menumpuk dan menyebabkan infeksi tersebut.


"Kapasnya terkumpul dan berada di situ selama lima tahun lamanya, dan tulang tengkorak di belakang telinga sangat tipis, setipis kertas. (Dokter bedah) bilang aku mendorong cotton bud terlalu dalam," lanjutnya.

Setahun lepas operasi, Jasmine mengaku masih berusaha untuk mendengar lewat telinga kirinya. Ia menolak menggunakan alat bantu dengar karena merasa malu.

Jasmine mengaku ia masih merinding jika membayangkan apa yang bisa terjadi kalau ia menunda memeriksakan diri ke dokter. Seharusnya ia langsung memeriksakannya begitu merasakan ada yang tidak beres dengan telinganya.

"Sekarang aku mencoba untuk memperingatkan orang-orang soal bahaya menggunakan cotton bud yang salah. Telinga kita adalah bagian tubuh yang sangat lembut dan sensitif yang harus dirawat dengan baik. Sangat mengerikan bahwa aktivitas membersihkan simpel bisa membahayakan nyawaku," pungkasnya.



Simak Video "Jangan Pakai Cotton Bud, Ini Cara Atasi Telinga Tersumbat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)