Rabu, 21 Agu 2019 09:32 WIB

Tidur Bersama Saudara Kandungnya, Bayi 2 Bulan Meninggal Mendadak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi bayi meninggal mendadak. Foto: getty images Ilustrasi bayi meninggal mendadak. Foto: getty images
Jakarta - Freddy Short, bayi berusia 2 bulan meninggal secara mendadak di tempat tidur di rumahnya di Brockworth, Gloucerster. Freddy diduga meninggal setelah berbagi tempat tidur dengan kedua orangtua dan dua saudara kandungnya, yang tidak dapat tidur karena suara pesta yang bising.

Dikutip dari Mirror, Pastor Andre Short yang merupakan ayah dari Freddy, bangun pada jam 3 pagi dan mendapati bayi laki-lakinya sudah tidak bernyawa. Kondisinya sudah tidak responsif, membiru, dan dingin.

Zoe Lewis, ibu Freddy, yang mengetahuinya mencoba memberikan CPR atau napas buatan untuknya dan segera memanggil paramedis. Namun, Freddy dinyatakan meninggal dunia karena sindrom Kematian Bayi Mendadak.



Seperti yang pernah diberitakan detikHealth sebelumnya, Kematian Bayi Mendadak (Sudden Infant Death Syndrome/SIDS) terjadi pada bayi di bawah 1 tahun. Namun, tidak ditemukan penyebab pastinya. Kondisi ini biasanya muncul tanpa disertai gejala atau peringatan awal.

Katy Skerrett, Koroner Gloucestershire mengatakan, kemungkinan saluran pernapasan pada bayi terhambat karena tidur satu ranjang bersama anggota keluarga lainnya.

"Freddy menderita sindrom Kematian Bayi Mendadak, karena tidak ditemukan cedera atau bukti kelalaian," katanya.

Katy menambahkan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut dari segi medis terhadap kematian Freddy. Ia juga menjelaskan, tidur bersama dapat berisiko fatal.

"Penyebab pastinya kematian Freddy belum dipastikan, meskipun memang tidur bersama juga dapat meningkatkan risiko kematian pada bayi," imbuh Katy.



Simak Video "Kisah Pasangan Suami-Istri Abdikan Hidup Jadi Relawan Inkubator"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)