Rabu, 28 Agu 2019 17:56 WIB

Digerogoti Bakteri Pemakan Daging, 25 Persen Kulit Pria Ini Hilang

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi bakteri pemakan daging. Foto: Thinkstock Ilustrasi bakteri pemakan daging. Foto: Thinkstock
Jakarta - Pada tanggal 16 Agustus, David Ireland (50) merasakan gejala-gejala aneh. Ia mengira itu adalah flu, karena tubuhnya nyeri dan demam, namun empat hari kemudian gejalanya memburuk sampai terasa sangat nyeri.

Ia segera memeriksakan diri ke UGD dan didiagnosis necrotizing fasciitis. Necrotizing fasciitis atau yang lebih dikenal sebagai infeksi bakteri pemakan daging yang bisa merusakan jaringan kulit dan otot.

Dilaporkan Live Science, kondisi David sangat kritis dan ia harus menjalani tiga operasi. Operasi-operasi tersebut menyingkirkan sekitar 25 persen kulitnya mulai dari pergelangan tangan hingga tubuh bagian atasnya.



"Dia baik-baik saja lalu menit selanjutnya dia sakit," kata istri David, Jody.

Necrotizing fasciitis bisa disebabkan oleh beberapa jenis bakteri, namun yang paling umum adalah Streptococcus grup A. Bakteri ini pula yang menginfeksi David, yang bisa jadi masuk melalui luka terbuka di kakinya.

Apalagi David juga mengidap diabetes yang membuatnya memiliki risiko lebih besar terkena infeksi ini. Necrotizing fasciitis bisa menyebar dengan cepat di tubuh dan bisa membuat pasiennya teramputasi dan bahkan kematian, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

"David masih sangat kritis, namun tiap hari pasti ada satu perkembangan baik. Hidupku tak lagi sama tanpa dia, jadi aku berdoa semoga ada keajaiban," tulis sang istri di laman donasi yang ia buka bagi kesembuhan suaminya.



Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)