Senin, 02 Sep 2019 13:28 WIB

Gara-gara Obat Tertukar, 17 Bayi 'Manusia Serigala' Lahir di Spanyol

Firdaus Anwar - detikHealth
17 bayi di Spanyol dilaporkan mengalami sindrom manusia serigala. (Foto: iStock) 17 bayi di Spanyol dilaporkan mengalami sindrom manusia serigala. (Foto: iStock)
Jakarta - Para orang tua di Spanyol sempat panik ketika ada 17 bayi dalam waktu berdekatan lahir dengan hipertrikosis atau sindrom manusia serigala. Kondisi tersebut membuat tubuh dan wajah para bayi ditumbuhi rambut lebat.

Awalnya orang tua dan dokter tidak mengerti apa yang menyebabkan kemunculan sindrom manusia serigala. Hingga akhirnya investigasi oleh Kementerian Kesehatan Spanyol pada 28 Agustus 2019 lalu mengumumkan sumber masalahnya kemungkinan karena kekeliruan obat.


"Dahi, pipi, lengan, kaki, dan tangan anak laki-laki saya penuh dengan rambut. Dia punya alis seperti orang dewasa," komentar salah satu ibu, Angela Selles, seperti dikutip dari Live Science, Senin (2/9/2019).

"Ini sangat menakutkan karena kami tidak tahu apa yang terjadi," lanjutnya.

Seluruh anak dengan sindrom serigala punya kesamaan yaitu menerima resep obat omeprazole untuk mengatasi masalah refluks asam lambung. Investigasi menemukan kalau obat omeprazole yang diberikan ternyata mengandung minoxidil, obat untuk masalah kerontokan rambut.

Tertukarnya kandungan obat itu bersumber dari kekeliruan proses pengemasan oleh industri. Media lokal El Pais melaporkan seluruh sampel obat yang diduga tertukar sudah ditarik dan industri terkait tak lagi beroperasi sejak 27 Agustus.

Setidaknya ada empat keluarga berencana menuntut pihak industri karena kesalahan mereka.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)