Senin, 02 Sep 2019 18:55 WIB

Cegah Tumor Membesar, Pria Ini Ikat Mr P dengan Karet

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sebagian penis sang pria harus diamputasi karena mengalami kematian jaringan. (Foto: Thinkstock) Sebagian penis sang pria harus diamputasi karena mengalami kematian jaringan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Berkeinginan mencegah tumor di penisnya membesar, seorang pria asal Jepang nekat mengikatnya dengan karet. Akibatnya, sebagian penis pria ini harus diamputasi.

Sebelumnya, ia mengeluhkan adanya rasa sakit di bagian kelaminnya sekitar dua bulan lalu. Rasa sakit ini terus memburuk dan tak tertahankan. Saat pemeriksaan dokter, pria berusia 65 tahun ini di diagnosis memiliki tumor di penis berbentuk 'kembang kol'.

Dilaporkan The Sun, kasus pria ini dipublikasikan dalam jurnal Urology Case Reports. Gambar-gambar menunjukkan bahwa tumor ganas ini tumbuh di sekitar kepala penis.

Awalnya mereka menduga kondisi pria ini adalah kanker penis, namun hasil biopsi menunjukkan bahwa tumor tersebut adalah kanker kulit jenis squamous cell carcinoma.


Sang pria berusaha untuk menghentikan tumor semakin membesar dengan cara mengikat karet di bagian dasar penisnya. Tak diketahui sejak kapan, namun saat dokter berusaha menyingkirkannya, karet ini telah menyatu dengan kulit dan merusak jaringan.

Dokter harus memotong sebagian penis pria tersebut untuk mengangkat tumor, daging, serta kulit yang mati. Operasi ini disebut penektomi parsial yang biasa dilakukan pada pasien kanker penis.

"Walau ia mengikat penisnya di bagian dasar penis, (bengkak) di kepala penis dan sekitar ikatan cukup besar dan aliran darahnya tidak begitu baik," tulis Dr Takahiro Yoshida, tim medis Jepang yang menangani pria tersebut.

Beruntung kanker tersebut belum menyebar dan pria ini tak mengalami komplikasi serius dari operasi. Ia pun dibolehkan pulang dua minggu kemudian.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)