Jumat, 13 Sep 2019 21:00 WIB

Disangka Sembelit, Bocah Ini Akhirnya Meninggal karena Kanker

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Gejala kanker kadang tidak selalu mudah dikenali (Foto: thinkstock) Gejala kanker kadang tidak selalu mudah dikenali (Foto: thinkstock)
Jakarta - Aoife Flanagan (3) sering mengeluh merasakan sakit di beberapa bagian tubuhnya. Namun berkali-kali pula sang ibu, Eilish, membawanya ke dokter untuk periksa, mereka hanya mengatakan bahwa Aoife hanya mengalami sembelit.

"Aku memeriksakannya ke dokter sudah 11 kali dalam tiga minggu. Dia keluar masuk rumah sakit dengan infeksi dan masalah yang berbeda namun mereka terus bilang bahwa (Aoife) hanya mengalami sembelit bocah biasa," katanya, dikutip dari Fox News.

Sebagai seorang ibu, Eilish tahu ada yang salah. Apalagi saat para dokter tak mau memeriksa bagian-bagian yang dikeluhkan sang anak. Bahkan beberapa malah mempertanyakan bagaimana ia memberi makan sang anak dan apakah ia sudah cukup berolahraga.



Saat menanti untuk berpindah rumah sakit, hasil X-Ray menunjukkan bahwa ada tumor besar di hatinya yang menyumbat ususnya. Akhirnya ia didiagnosis kanker germ cell atau kanker yang umumny tumbuh di sel-sel reproduksi, namun juga bisa terbentuk di perut, otak dan dada, namun terhitung langka, tulis Mayo Clinic.

Walau begitu, kanker ini masih sangat bisa ditangani meski dalam stadium lanjut sekalipun. Sayangnya, bagi Aoife sudah sangat terlambat. Hanye beberapa hari usai diagnosisnya, Aoife meninggal dunia dalam pelukan sang ibu.

"Aku memeluknya karena aku tahu ada sesuatu yang salah dengannya. Dia meninggal di pelukanku. Semuanya terlambat, dan tak ada kesempatan yang adil. Dia sangat ketakutan karena dia jadi kurus sekali tapi dia masih punya keberanian dan berjuang, dia sangat berani.

Beberapa organ tubuh, tumor dan jaringan ia sumbangkan sebagai tujuan riset. Ia sangat menyayangkan putrinya yang sangat ceria dan suka berkuda itu kini telah tiada hanya karena keterlambatan diagnosis dan penanganan.

"Dia sangat periang, aktif, dan menyenangkan. Anaknya sangat baik," pungkas Eilish.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)