Selasa, 17 Sep 2019 11:40 WIB

Minum Soda Terlalu Banyak, Punggung Pria Ini Melepuh Digerogoti Infeksi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi minum soda. (Foto: shutterstock) Ilustrasi minum soda. (Foto: shutterstock)
Jakarta - Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis berujung pada kualitas kesehatan yang memburuk. Tak hanya kegemukan, makanan dan minuman manis juga penyebab diabetes yang bisa membahayakan nyawa.

Seorang pria berusia 56 tahun dari Bukit Sentosa, Malaysia, mengidap infeksi kulit yang mengerikan di lengan dan bahunya sehingga hampir diamputasi karena diabetes.

Mengutip laman World of Buzz, pria paruh baya bernama Mohd Razin Muhamed telah menyadari dirinya mengidap diabetes saat berusia 40 tahun akibat terlalu banyak konsumsi minuman bersoda ketika makan siang. Ia mengatakan akan membeli setidaknya dua kaleng soda setiap hari tanpa mempertimbangkan efek kesehatannya.

"Saya tahu mengidap diabetes setelah menemukan banyak semut di tempat saya kencing. Setelah itu saya ke klinik dan dokter menyarankan saya untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit," katanya.

Kondisi Mohd Razin memburuk ketika ada bisul di punggungnya yang tak kunjung sembuh selama berbulan-bulan. Benjolan itu ternyata membesar dari ukuran ibu jari hingga sebesar dua tangan orang dewasa.


Untungnya, dia mendapatkan perawatan dengan cepat di rumah sakit Sungai Buloh, Malaysia karena infeksi menjadi sangat buruk sehingga tulangnya hampir terlihat. Keterlambatan penanganan akan berisiko kehilangan seluruh lengannya.

"Operasi itu dilakukan dua kali di mana kulit yang terinfeksi harus diangkat dan nanah dikeringkan," ungkapnya.

Akibat dari operasi tersebut, ia menjadi sulit untuk menggerakkan lengan kanannya dan rasa sakit menjalar dari punggung dan lengan. Saat ini, ia memerlukan perawatan lanjutan termasuk minum obat untuk mengontrol kadar gula di tubuhnya.

Meskipun kondisinya membaik, dia bertekad untuk tidak lagi mengonsumsi gula berlebih dan berusaha mungkin menghindari lonjakan gula yang berlebihan.

"Penyesalan tidak lagi berguna. Ini akibat terlalu banyak gula," pungkasnya.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)