Jumat, 20 Sep 2019 10:36 WIB

Disuntik Petroleum Jelly Supaya Besar, Mr P Pria Ini Malah Membusuk

Firdaus Anwar - detikHealth
Ingat jangan iseng suntikkan zat asing ke tubuh. (Foto: iStock) Ingat jangan iseng suntikkan zat asing ke tubuh. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang pria 45 tahun dari Pasifik Selatan dilaporkan dalam jurnal Urology Case Reports mengalami masalah tak biasa yaitu pembusukan penis. Hal ini terjadi karena sang pria nekat menyuntikkan petroleum jelly atau petrolatum ke penisnya.

Petroleum jelly sendiri adalah senyawa yang terbuat dari campuran lilin dan minyak mineral umum dipakai sebagai pelembab. Nah pada kasus sang pria ia menyuntikkan petroleum jelly ke penis dengan tujuan untuk memperbesar ukuran.


Menurut dr Amer Amin dari Saint Vincent Hospital yang menangani kasus sang pria sudah melakukan kebiasaannya selama dua tahun. Pembusukan kemungkinan besar terjadi karena luka di penis terinfeksi oleh bakteri.

"Saat masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) pasien tampak tidak sehat dengan demam 38,5 derajat dan detak jantung di atas rata-rata yaitu 140 denyut per menit. Batang penisnya tampak cacat, bengkak, lunak, dan luka-luka. Ada bercak kecil tanda kulit yang membusuk di bagian batang penis," tulis dr Amer seperti dikutip dari jurnal Urology Case Reports, Jumat (20/9/2019).

Total sang pria membutuhkan tiga kali operasi untuk mengangkat semua jaringan penis yang sudah membusuk dan terinfeksi. Ia juga membutuhkan operasi bedah plastik rekonstruksi agar penisnya bisa tampak 'normal' dengan transplantasi kulit.

Setelah sebulan dirawat sang pria akhirnya diperbolehkan pulang. Kepada dokter ia mengaku kalau praktik menyuntikkan petroleum jelly ini sebenarnya biasa dilakukan oleh orang-orang di daerah Pasifik Selatan.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)