Selasa, 24 Sep 2019 12:35 WIB

Aneh Tapi Nyata, Wanita Ini Keluarkan Air Mata Berupa Kristal

Widiya Wiyanti - detikHealth
Akibat kondisi langka, seorang wanita meneteskan kristal saat menangis (Foto: thinkstock) Akibat kondisi langka, seorang wanita meneteskan kristal saat menangis (Foto: thinkstock)
Jakarta - Tidak dipungkiri bahwa beberapa kasus aneh belum bisa dijelaskan secara medis, seperti yang dialami wanita asal Armenia, Satenik Kazaryan (22), yakni mengeluarkan air mata bukan berupa air melainkan kristal-kristal kecil.

Penderitaannya diawali saat Satenik merasa seperti ada debu yang masuk dan mengganjal matanya. Namun ketika mengunjungi dokter mata, ada beberapa kristal yang diambil dari matanya.

Kerabatnya mengira ada pecahan kaca masuk ke dalam mata Satenik saat ia bekerja. Namun lama-kelamaan, kristal-kristal itu semakin banyak dan tanpa henti keluar dari matanya. Ia mengeluh rasa sakit yang luar biasa.

"Mereka (dokter -red) belum menemukan penyakit seperti itu dan tidak tahu bagaimana mengobatinya. Mereka bahkan belum mendiagnosisnya," ungkap Satenik dikutip dari The Sun.



Spesialis mata yang menanganinya telah mengirim kristal yang keluar dari mata Satenik ke luar negeri untuk dianalisis sehingga mengetahui diagnosisnya dan perawatan seperti apa yang tepat.

Dokter mata Rusia, Tatyana Shilova mengatakan bahwa kondisi Satenik adalah kondisi yang sangat tidak biasa dan unik, sehingga dokter mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi penyebabnya. Dalam situasi tertentu, penyebabnya mungkin penyakit genetik, tapi mungkin juga ada masalah di dalam bagian tubuh lain.

"Dalam air mata ada protein, lemak, elemen mikro, juga memiliki komposisi ionik tertentu. Jika konsentrasi garam meningkat, ini dapat menyebabkan percepatan kristalisasi. Protein dalam air mata juga dapat meningkatkan kepadatannya," jelas Tatyana.

Tatyana menambahkan, bisa saja air mata kristal muncul tidak hanya dari sisi selaput lendir mata, namun juga bisa terbentuk di hati, ginjal, dan mengendap dalam bentuk garam di organ-organ tubuh.



Simak Video "Alami Kondisi Langka, Pria Ini 'Terjebak' di Tubuh Bocah 13 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)