Jumat, 18 Okt 2019 09:45 WIB

Idap Kondisi Langka, Testis Pria Ini Membesar Seukuran Bola Basket

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kondisi langka membuat testis seorang pria membesar (Foto: iStock) Kondisi langka membuat testis seorang pria membesar (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang pria di Panama mengejutkan tenaga medis karena testisnya sebesar bola basket. Para dokter pun segera melakukan operasi darurat untuk membebaskan pria yang tidak disebutkan namanya itu dari beban yang cukup berat.

Pria berusia 43 tahun itu mengeluhkan demam dan terdapat dua luka menganga pada skrotumnya (kantung yang membungkus testis) yang bernanah. Alat kelaminnya pun lama-kelamaan membengkak seberat 3,1 kilogram.

Dokter pun mendiagnosis pria tersebut mengidap gangren Fournier, yaitu infeksi bakteri langka yang menyerang alat kelamin pria dan wanita. Kondisi ini sering disebabkan oleh kebersihan dan sanitasi yang buruk.



Kondisi pria tersebut semakin rumit karena lymphedema (pembengkakan) grade 4 dari pangkal paha hingga kaki kanannya. Kondisi itu menunjukkan seperti gejala kaki gajah yang ditularkan oleh nyamuk. Namun CT scan lebih lanjut mengungkapkan itu memengaruhi ginjalnya yang ikut membengkak.

Dokter terpaksa memotong sebagian penisnya yang memanjang untuk memasukkan kateter setelah gagal memasukkannya ke dalam uretra. Kemudian pria tersebut diberikan anitibiotik intravena dan lukanya tampak membaik setelah beberapa hari.

Selain itu, dokter melakukan operasi plastik pada skrotumnya agar terlihat tetap normal seperti sedia kala.

"Sembuh dengan baik dengan hasil fungsional dan tampak yang memuaskan," tulis dokter yang menanganinya dalam jurnal medis Urology Case Reports.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)