Selasa, 10 Des 2019 11:15 WIB

Jadi Alat Bantu Diet, Selang 30 Cm Malah Nyangkut di Leher Gadis Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilusrasi diet. (Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, bisa dengan menjaga pola makan atau berolahraga secara teratur. Namun gadis asal China ini malah menggunakan cara yang tidak wajar untuk menghentikannya dari makan berlebihan.

Gadis berusia 22 tahun memaksa dirinya muntah dengan cara memasukkan selang ke perut melalui mulutnya sebagai metode penurunan berat badan. Sayangnya, selang yang ia gunakan tersangkut di kerongkongannya.

Tren penurunan berat badan ini telah menjadi populer di China bahkan banyak gadis lainnya mendiskusikan tentang cara muntah paling efektif termasuk memasukkan tabung plastik ke kerongkongan mereka.


Mengutip Oriental Daily, gadis yang tidak disebutkan namanya ini kemudian mengunjungi dokter namun berbohong dan mengatakan dia tidak sengaja menelan sedotan. Saat melakukan X-ray, dokter menemukan benda asing di tubuhnya yang berdiameter 1,9 cm dengan panjang 30 cm yang tentu saja bukan sedotan.

Setelah itu barulah ia mengakui bahwa telah membeli selang yang digunakan untuk menurunkan berat badan. X-ray menunjukkan bahwa ujung tabung sudah berada dalam perut dan menekan dinding perutnya. Sementara yang lain berada di dekat kotak suaranya dengan ujung bergerigi.

Beruntung, dokter berhasil mengeluarkan selang tersebut dengan metode gastroskopi. Namun tetap ada bisul di dinding perut dan kerongkongannya.

Dokter kemudian mengatakan teknik diet ini sangat berbahaya karena berisiko mengalami kerusakan mukosa gastroesofageal dan faring. Dalam jangka panjang, pasien seperti ini juga dapat mengalami masalah saraf.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)