Selasa, 14 Apr 2020 20:02 WIB

Positif Virus Corona, Wanita Ini Melahirkan dalam Keadaan Koma

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi operasi Ilustrasi operasi saat melahirkan. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seorang wanita dengan virus Corona COVID-19 berhasil melahirkan seorang anak, meski ia sedang mengalami koma.

Dikutip dari Mirror, wanita itu bernama Angela Primachenko asal Vancouver, Amerika Serikat (AS). Di saat usia kehamilannya yang sudah mencapai 33 minggu, ia dinyatakan positif terinfeksi virus Corona dan harus menggunakan ventilator.

Wanita berusia 27 tahun itu dinyatakan positif virus Corona pada 24 Maret kemarin, setelah mengalami gejala demam yang tinggi. Dalam waktu delapan hari dirawat di Legacy Salmon Creek Medical Center, Angela mengalami peningkatan gejala dan ia pun terbujur koma.

Dokter yang merawat Angela kemudian memutuskan untuk melakukan tindakan induksi atau proses stimulasi untuk merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi. Ini dilakukan mengingat Angela sudah hamil tua dan tindakan ini bertujuan untuk menyelamatkan dirinya dan anak yang dikandungnya.

"Jelas tidak ada yang menyangka bahwa saya akan sakit (COVID-19), jadi tidak, sama sekali tidak, dan saya tidak berharap akan melahirkan anak pada saat itu," kata Angela.

"Setelah semua perawatan dan pengobatan aku terbangun dan tiba-tiba aku tidak lagi memiliki perut (hamil) dan itu sangat mengejutkan," lanjutnya.

Setelah dilakukan pengecekan, bayinya yang bernama Ava menunjukkan hasil negatif virus Corona. Angela pun harus menunggu sampai ia dinyatakan sembuh agar diperbolehkan menemui buah hatinya yang baru saja lahir.



Simak Video "Isu Konspirasi Jadi Ganjalan Relawan Saat Informasikan soal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)