Jumat, 24 Jul 2020 15:32 WIB

5 Hari Terasa Gatal, Ternyata Ada Cacing Bersarang di Tenggorokan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cacing Parasit Ilustrasi cacing parasit. (Foto: (iStock))
Jakarta -

Seorang wanita asal Jepang mengeluh karena rasa gatal di tenggorokan. Hal ini dirasakannya selam lima hari, dan akhirnya memutuskan untuk pergi ke dokter.

Setelah menjalani pemeriksaan fisik, ternyata ada cacing sepanjang 38 milimeter yang menggeliat di amandel kiri miliknya. Cacing itu diketahui sebagai Pseudoterranova azarasi atau cacing gelang parasit yang biasanya menginfeksi mamalia laut, seperti anjing laut dan walrus.

Dikutip dari Health 24, cacing itu telah berkembang menjadi larva tahap keempat dan menanggalkan kulitnya. Setelah dilakukan tes darah, tidak ada kondisi lain yang bisa dikaitkan dengan adanya parasit dan sakit tenggorokan yang dialami wanita berusia 25 tahun tersebut.

Parasit itu kemungkinan bisa bersarang di dalam tenggorokan wanita tersebut saat masuk ke tubuhnya, dari sashimi, atau sajian ikan mentah yang ia makan. Ini dipercaya karena parasit tersebut paling banyak ditemukan di mamalia laut, jadi diperkirakan parasit ini masuk saat ia mengkonsumsi ikan mentah tersebut.

Tetapi, parasit ini lebih mungkin hadir bukan pada tenggorokan, melainkan di perut. Hal ini karena parasit ini masih terkait dengan cacing gelang parasit umum yang disebut Anisakis simplex, yang diketahui bisa menyebabkan infeksi lambung.



Simak Video "Cacing Tanah, Sang Penyubur yang Sering Dianggap Remeh"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)