Kamis, 19 Nov 2020 06:45 WIB

Viral Wanita Idap PCOS, Baru Ketahuan Setelah 10 Bulan Tidak Haid

Farah Nabila - detikHealth
Viral Wanita Idap PCOS, Baru Ketahuan Setelah 10 Bulan Tidak Haid Ketahuan POCS setelah 10 bulan tidak haid (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Seorang wanita mengidap penyakit PCOS dan baru menyadarinya setelah tidak haid hingga 10 bulan. Ceritanya viral setelah dibagikan

Bermula dari sebuah akun TikTok bernama @ria.wnp yang membagikan cerita tersebut melalui sebuah video singkat. Video tersebut sudah ditonton 6 juta pengguna.

Dalam video tersebut, Ria, pemilik akun, bercerita untuk memutuskan pergi ke dokter spesialis kandungan setelah telat haid selama 10 bulan. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter mendiagnosa ia mengidap penyakit polycystic ovary syndrome atau PCOS.

PCOS adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. Pengidap PCOS biasanya mengalami gangguan pada siklus haid dan memiliki kadar hormon laki-laki (androgen) yang berlebihan.

Sebelumnya, Ria memang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Ia dapat menstruasi 2 hingga 6 bulan sekali. Namun saat ini merupakan jeda yang terlama yaitu sepuluh bulan.

"Dan setelah diperiksa dokter, ternyata aku kena PCOS :') Jujur aku lemes banget saat itu, tapi aku yakin aku pasti bisa laluin ini semua, untuk semua wanita yang mungkin merasakan hal sama seperti aku, menstruasi tidak teratur, bisa cepet ke dokter spOG yah, biar semakin cepet diobatin," tulisnya dalam video tersebut, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Menanggapi peristiwa tersebut, sejumlah warganet memberikan berbagai tanggapan dan dukungan semangat kepada Ria. Tak sedikit yang berharap dirinya cepat pilih.

"Kami perwakilan ka dari TikTok, semuanya mendoakan semoga penyakit tersebut dapat diangkat dan bisa sehat kembali," komentar akun TikTok @o***B**.

"Kenapa banyak banget ya ternyata yang kena PCOS, aku pun takut soalnya nggak lancar juga," komentar akun TikTok @L***w**.



Simak Video "Ini Manfaat yang Didapat Jika Mencatat Siklus Haid "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)