Senin, 23 Nov 2020 17:57 WIB

Kisah Viral Mantan Perokok, Berat Badan Turun 30 Kg karena Kena TBC

Zintan Prihatini - detikHealth
Mantan perokok yang kena TBC Mantan perokok yang kena TBC (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Seorang mantan perokok harus kehilangan berat badan nyaris 30 kg dalam waktu sebulan karena infeksi tuberkulosis (TB atau TBC). Setelah berobat dan berhenti merokok, kondisinya berangsur membaik dan berat badannya hampir kembali normal. Kisahnya viral di TikTok.

"It's me 51 kg after recoverying from bacteria filled my lung," jelas sang pemilik akun @plisbahagia tersebut.

"It's me 35 kg, because i get that illness. Please stop smokking if you love your body," pesannya.

Saat dikonfirmasi detikcom, Senin (23/11/2020), pria bernama Achmad itu menjelaskan bahwa dirinya terkena TBC. Sebelumnya, ia terbiasa merokok, minum minuman beralkohol. Pola hidup yang dijalani pAchmad tidak sehat karena sering stres.

"Mungkin penyebab utamanya karena rokok tapi bisa ditambah pengaruh dari kadar stress sehingga imun yang diciptain jadi hancur jadi gampang masuk penyakit lain. Ataupun minuman beralkohol," ujar Achmad.

Pria asal Jakarta itu mengatakan bisa menghabiskan dua bungkus rokok per hari jika sedang stres. Setelah didiagnosis TBC pada akhir Maret lalu, berat badannya turun dari 65 kg menjadi 40 kg dalam waktu satu bulan, dan ia selalu merasa kelelahan.

Akibatnya, ia terpaksa cuti kuliah karena terganggunya aktivitas sehari-hari saat terkena penyakit paru itu.

Meski awalnya sulit, Achmad mencoba mengurangi jumlah rokok dengan mengganti memakan permen khusus pengganti rokok yang disarankan dokter. Selain itu ia juga rajin berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari, minum air yang cukup, dan mengurangi paparan angin malam.



Simak Video "Sejumlah Penyakit Berbahaya yang Mengintai Para Perokok"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)