Senin, 04 Jan 2021 20:09 WIB

Minum 5 Liter Air Biar Nggak Kena COVID-19, Pria Ini Malah Dirawat di ICU

Ayunda Septiani - detikHealth
7 Cara Minum Air Agar Kebutuhan Air Harian Terpenuhi (Foto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos)
Jakarta -

Kasus virus Corona COVID-19 di dunia yang masih terus bertambah mendesak semua orang untuk melakukan berbagai hal guna sebagai langkah pencegahan untuk melindungi diri.

Sebagian besar orang berusaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi obat rumahan, herbal, dan konsumsi makanan tertentu yang mengurangi risiko infeksi.

Tapi, beberapa orang justru bertindak terlalu berlebihan hingga membahayakan dirinya. Hal ini terjadi pada seorang pria yang terlalu banyak minum air untuk mengurangi gejala COVID-19.

Dikutip dari laman Times of India, Luke Williamson awalnya direkomendasikan oleh dokter untuk minum 2 liter air setiap hari setelah diduga terinfeksi virus Corona COVID-19.

Tapi, Pria dari Patchway, Bristol, ini melakukannya dengan berlebihan dan meminum air lebih banyak dari yang disarankan oleh dokter. Ia berpikir dengan minum 5 liter air setiap hari akan membuat gejala virus Corona lebih cepat hilang.

Sayangnya, Luke justru jatuh pingsan di kamar mandi dan berakhir menjalani perawatan intensif di ICU. Para dokter mengatakan bahwa konsumsi air berlebihan seperti Luke bisa menyebabkan keracunan air dan pembengkakan otak.

Beruntungnya, kondisi Luke tidak terlalu berat. Luke hanya menghabiskan waktu di ICU selama 2 hingga 3 hari dan setelah diizinkan pulang.

Air adalah kebutuhan dasar hidup manusia. Sekitar 60 persen tubuh kamu terdiri dari air. Jadi, penting untuk minum banyak air dalam sehari agar fungsi internal tubuh tetap lancar.

Karena, air membawa nutrisi ke sel, membuang racun, mengatur suhu dan memungkinkan tubuh menyerap dan mengasimilasi mineral, vitamin, asam amino, glukosa, dan zat lainnya.

Berapa banyak sih air yang dibutuhkan manusia? Klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]