Selasa, 23 Mar 2021 15:08 WIB

Wanita Ini Keluarkan Darah dari Matanya Saat Menstruasi, Kok Bisa?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi haid Foto: iStock
Jakarta -

Seorang wanita berusia 25 tahun mengalami kondisi yang aneh saat menstruasi. Kedua matanya juga mengeluarkan darah.

Kondisi ini berawal saat wanita asal Chandigarh, India, itu mengalami pendarahan di matanya dan langsung dibawa ke UGD rumah sakit setempat. Namun, anehnya saat pendarahan itu terjadi ia tidak merasa sakit atau tidak nyaman pada tubuhnya.

Untuk memastikan kondisinya, wanita tersebut menjalani serangkaian tes. Tetapi, hasil tesnya tidak menunjukkan adanya kondisi-kondisi medis tertentu.

Tidak ada luka pada kedua matanya ataupun riwayat pendarahan pada mata dari keluarganya.

Lalu, apa penyebabnya?

Setelah diperiksa lebih lanjut, dokter menemukan bahwa pendarahan pada mata itu terjadi saat pasien memasuki periode menstruasinya. Dokter mendiagnosis wanita tersebut dengan kemungkinan ocular vicarious menstruation (OVM).

Dikutip dari India, OVM merupakan kondisi langka yang didefinisikan sebagai pendarahan pada organ selain rahim selama menstruasi. Selain pada mata, pendarahan tersebut juga bisa terjadi pada bibir, perut, hidung, hingga paru-paru.

Kasus tersebut akhirnya dipublikasi dalam British Medical Journal. Di dalamnya, penulis studi menjelaskan bagaimana perubahan hormonal selama menstruasi bisa mempengaruhi permeabilitas kapiler di organ-organ tersebut, hingga menyebabkan pendarahan.

"OVM terjadi karena respons pembuluh darah terhadap hormon dengan atau tidak adanya jaringan endometrium di lokasi pendarahan," tulis para peneliti.

Selain itu, peneliti menjelaskan bahwa hormon estrogen dan progesteron bisa meningkatkan permeabilitas kapiler yang menyebabkan hiperemia, kongesti, dan pendarahan sekunder.

Untuk mengatasi kondisinya, wanita tersebut akhirnya mendapatkan pengobatan kontrasepsi oral yang mengandung kombinasi estrogen dan progesteron. Setelah tiga bulan kemudian, wanita tersebut tidak lagi mengalami pendarahan di mata setiap periode menstruasinya datang.



Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)