Senin, 05 Apr 2021 21:06 WIB

Sering Gatal di Bagian Kaki Saat Hamil, Wanita Ini Idap Kanker Darah Ganas

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
kanker Ilustrasi kanker (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seorang wanita berusia 32 tahun didiagnosis menderita penyakit kanker sejak hamil. Wanita yang diketahui bernama Kylie Dixon ini mengalami berbagai gejala yang dianggapnya sebagai efek samping kehamilan yang normal.

Selama itu, Kylie mengalami gejala seperti berkeringat saat malam hari dan gatal di bagian kaki. Gejala itu terus bertahan selama enam bulan, sampai anaknya yang bernama Jake lahir pada Januari 2011 lalu.

Saat berkonsultasi ke dokter Kylie disebut mengalami kudis, yaitu kondisi kulit yang disebabkan oleh tungau. Tetapi setelah muncul benjolan di bagian lehernya, ia diarahkan untuk diuji agar bisa mengetahui akar permasalahannya.

Namun, setelah pemeriksaan ekstensif diketahui Kylie mengidap bentuk agresif limfoma Hodgkin yaitu jenis kanker darah yang terjadi pada sistem kelenjar getah bening. Ia juga divonis hanya bisa bertahan hidup selama delapan minggu, tanpa pengobatan.

Dikutip dari Metro UK, Kylie terus menjalani perawatan kemoterapi selama sembilan bulan di Rumah Sakit Whiston dan dianggap dalam kondisi remisi atau sudah tidak lagi sel kanker di dalam tubuhnya. Tetapi, tak lama kemudian penyakitnya kambuh lagi dan harus menjalani kemoterapi serta transplantasi sumsum tulang di Rumah Sakit Royal Liverpool University.

"Menjalani pengobatan kanker adalah perjalanan tersulit dan paling melelahkan yang pernah saya alami. Banyak gejala yang pertama kali saya alami, seperti kaki gatal dan keringat malam sering terjadi pada wanita hamil, jadi semua berasumsi bahwa itu adalah tanda normal," kata Kylie.

"Pada saat itu (Januari 2011) diberitahu bahwa saya hanya memiliki delapan minggu untuk hidup benar-benar menyedihkan, terutama dengan bayi yang baru lahir," lanjutnya.

Setelah menjalani kehidupan yang menyedihkan, Kylie berhasil merespons pengobatannya dengan baik. Ia pun mulai hidup lebih sehat dengan mengubah pola makan dan banyak berolahraga.

"Tanpa pengobatan, saya tidak akan berada di sini dan itulah saya ingin melakukan semua yang saya bisa untuk mendukung orang yang sedang berjuang melewati kanker sekarang," pungkasnya.



Simak Video "Ibu Hamil Mau Vaksinasi Covid-19? Pastikan Kandungan Berusia 13 Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)