Selasa, 04 Mei 2021 20:22 WIB

Idap Autoimun, Wanita Ini Bertahun-tahun Makan-minum Pakai Selang Lewat Hidung

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Idap Autoimun, Wanita Ini Bertahun-tahun Makan-minum Pakai Selang Lewat Hidung Foto: dok. pribadi (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Seorang wanita mengidap achalasia, salah satu gangguan autoimun. Adalah Dinda Kinanti, wanita asal Bekasi yang mengaku sudah mengidap achalasia sejak 2017 silam. Kisahnya viral di media sosial baru-baru ini.

Dalam video TikTok pribadinya, ia kerap menunjukkan kesehariannya saat harus makan dan minum lewat selang. Dinda, wanita berusia 20 tahun ini tampak sangat terbiasa memakai selang NGT sendiri, untuk dimasukkan ke lambung melalui hidungnya.

Tak sedikit netizen yang bertanya, apakah prosedur pemasangan selang NGT (nasogastric tube) sendiri aman untuknya. Dinda menjelaskan, pemasangan tersebut sudah berdasarkan persetujuan dokter dan pertimbangan ahli.

Saat dikonfirmasi detikcom, Dinda bercerita, achalasia yang diidapnya seperti penghalang makanan untuk sampai ke lambung. Hingga kini, ia mengaku belum mengetahui hingga kapan dirinya harus makan dan minum lewat selang tersebut.

"Jadi achalasia itu dari kerongkongan ke lambung kaya ada otot, ototnya itu nutup terus yang seharusnya kalau lewat makanan dia kebuka, tapi punyaku nutup terus," tuturnya.

Dengan kondisi tersebut, ia terpaksa mengonsumsi makanan cair seperti jus hingga susu. Makanan padat yang masuk ke mulutnya terpaksa harus diolah terlebih dahulu hingga cair.

"Biasanya makan cari-cari saja kaya susu jus, atau makanan yang diblender terus disaring, biskuit," kata Dinda.

Dinda mengaku selang yang dimasukkan lewat hidung sampai lambung bisa sepanjang 55 sentimeter. Ia menyebut, harus mengganti selang ini selama sebulan sekali karena berbahan silicon.

Kondisi Dinda memang belum pulih, tetapi ia tak pernah patah semangat untuk terus berjuang melawan penyakit yang diidapnya di usia muda.

@dinda_kip

Balas @virgoses cara ukur selang ngt & ngecek ngt masuk ke lambung atau tidak #NGT #fyp #taugasih cara ukur ngt dan cek #edukasi #foryourpage

♬ original sound - dinda kip

Apa sih gejala achalasia?

Dikutip dari Mayo Clinic, gejala achalasia kerap muncul bertahap dan kian memburuk. Awalnya mungkin mengalami kesulitan menelan atau disfagia, terasa seperti makanan dan minuman tersangkut di tenggorokan.

  • Muntah makanan atau air liur
  • Maag
  • Bersendawa
  • Nyeri dada yang datang dan pergi
  • Batuk di malam hari
  • Pneumonia (dari aspirasi makanan ke paru-paru)
  • Penurunan berat badan


Simak Video "Kisah Cita Citata 5 Tahun Idap Autoimun"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)