Selasa, 18 Mei 2021 06:14 WIB

Viral Idap Kista Bak Hamil 6 Bulan, Kedua Ovariumnya Harus Diangkat

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral Idap Kista Bak Hamil 6 Bulan, Kedua Ovariumnya Harus Diangkat Foto: Tangkapan layar Tiktok @niaayus
Jakarta -

Viral seorang wanita mengidap kista di ovarium, besarnya seperti janin bayi berusia 5 hingga 6 bulan. Dirinya pun tampak seperti sedang hamil.

Adalah Nia Ayu asal Bandung berusia 21 tahun, yang mulanya tak mengeluhkan gejala apapun, begitu juga dengan siklus menstruasi yang tampak berjalan lancar. Namun, ia merasa aneh saat perut bagian kanan terasa membengkak terus menerus.

"Selama ini ngerasa sehat dan baik-baik saja, punya kista bertahun-tahun tanpa gejala sampe kistanya sudah sebesar janin 5 bulan," ungkapnya dalam video viral TikTok pribadinya, dikutip Senin (17/5/2021).

Ia mengajak para netizen untuk rutin medical check-up. Sebab, kista bak menjalar di tubuhnya tanpa 'warning' apapun hingga sebesar janin bayi.

Pilunya, kedua ovarium Nia juga harus diangkat. Hal ini untuk mengantisipasi kista terus tumbuh dan membuat kondisi Nia lebih buruk.

Saat dikonfirmasi detikcom, Nia mengaku ia baru didiagnosis kista ovarium sekitar satu minggu lalu. Ia tak menyangka harus menjalani operasi ovarium dan merima kenyataan pahit tak bisa memiliki anak, terlebih dirinya baru-baru ini berencana menikah.

"Karena ukuran kistanya sudah besar kurang lebih sebesar janin 5-6 bulan, jadi diajukan untuk sesegera mungkin dioperasi sebelum ukuran semakin besar dan bisa saja pecah, kistanya udah menjalar di ovarium," jelasnya.

@niaayus

Bisa pasti bisa 🥺 ##kista ##fyp

♬ blmsiapkehilangan slowed - user6795646859570

Memohon dokter menyelamatkan kedua ovariumnya

Sebagai perempuan, yang punya mimpi memiliki momongan, ia sempat memohon 'keajaiban' dokter untuk menyelamatkan kedua ovariumnya. Setidaknya, ia berharap satu ovarium bisa terselematkan.

"Setelah didiagnosa pengangkatan ovarium dua-duanya, ternyata ada keajaiban kista sebelah kiri saya bisa diselamatkan, tapi ada kemungkinan ukurannya membesar kembali," sambungnya.

Penyebab dirinya mengidap kista, masih belum diketahui pasti. Namun, ia tak menampik kebiasaan memakan makanan junkfood atau makanan cepat saji bisa menjadi salah satu pemicunya.

"Kata dokter pemicunya belum jelas bisa dari apa saja, apalagi kehidupan anak muda yang sering makan makanan cepat saji," tutupnya.



Simak Video "Langgar Kode Etik, dr Kevin Samuel Kena Sanksi IDI "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)