Senin, 24 Mei 2021 09:00 WIB

Kehamilan Picu Tahi Lalat di Pipi Wanita Ini Bengkak Jadi Kanker, Kok Bisa?

Vidya Pinandhita - detikHealth
tahi lalat Ilustrasi tahi lalat. (Foto: iStock)
Jakarta -

Megin Davies, wanita asal Brisbane, Australia, hidup bertahun-tahun dengan tahi lalat di pipinya. Namun, semenjak melahirkan anak ke-4 di usia 40 tahun, tahi lalatnya bertambah besar hingga 3 kali lipat menjadi kanker kulit.

Awalnya, Megin sama sekali tak curiga soal tahi lalatnya yang membesar sepanjang masa kehamilan. Ia pikir hal tersebut bukan urusan besar.

Sampai suatu hari, Megin melakukan konsultasi tatap muka dengan dokter gigi. Sang dokter menyadari kejanggalan pada tahi lalat di wajah Megin dan menyarankan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Hormon kehamilan mempercepat pertumbuhan kanker tersebut. Awalnya tahi lalat itu tidak membesar, sampai kemudian saya hamil. Saya tidak tahu bahwa bisa begitu. Saya sangat kaget," kata Megin, dikutip dari Metro News UK, Senin (24/5/2021).

Megin mengaku, ia tak gemar beraktivitas di luar rumah semasa muda. Ia jarang melakukan aktivitas di bawah sinar matahari dan lebih suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game.

"Saya memang bukan tipe orang yang suka menghabiskan waktu di luar ruangan. Saya tidak suka berjemur dan bahkan ketika saya masih kecil, saya banyak berdiam di dalam rumah karena saya gamer," kata Megin.

Demi keamanan, Megin kemudian menjalani operasi pengangkatan tahi lalat kanker di pipinya. Operasi tersebut menyisakan bekas jahitan di samping bibir, dari hidung hingga ujung dagu.

"Dokter memperingatkan saya bahwa wajah saya akan berubah bentuk. Dia menggambar untuk menunjukan ukuran sayatannya dan jantung saya serasa tenggelam. Saya tidak tahu harus bagaimana, wajah saya akan memiliki bekas luka besar sepanjang sisa hidup saya," lanjutnya.

Hingga kini, Megin masih berusaha beradaptasi dengan bekas luka di wajahnya. Ditambah, jahitan besar di wajah membuat Megin merasa tak nyaman ketika tersenyum.

Namun, baginya pengalaman ini menjadi pelajaran berharga. Ia mengingatkan tahi lalat, terlebih yang memiliki ukuran dan bentuk tidak wajar, jangan sampai disepelekan. Jika dirasa janggal tak ada salahnya memeriksakan diri demi keamanan.



Simak Video "Kenali Gejala Dini Kanker Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)