Kamis, 03 Jun 2021 06:30 WIB

Niat Bikin 'Wine Ular', Pria di China Malah Kritis Kena Bisanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wine Rp 85 Juta Ini Setahun Disimpan di Luar Angkasa, Bagaimana Rasanya? Ilustrasi wine ular (Foto: iStock/SkyNews)
Jakarta -

Seorang pria berusia 63 tahun dari China Timur berada dalam kondisi kritis setelah digigit seekor ular berbisa ketika ia mencoba menangkap ular untuk membuat bir dari bisanya.

Dilaporkan Newsweek, pria yang bermarga Yu ini harus menjalani perawatan darurat untuk menyelamatkan lengannya. Setelah digigit, Yu dilarikan ke Rumah Sakit Hangzhou di provinsi Zhejiang menyusul insiden yang dilaporkan tetangganya.

Kala itu Yu tengah berjalan-jalan setelah makan siang ketika tetangganya melihat ular berbisa di luar rumahnya. Spesies ini dikenal sebagai Chinese Copperhead ata 'ular seratus langkah', yang menunjukkan jumlah langkah yang dapat diambil korban sebelum menyerah pada racun.

Yu pertama kali ingin membunuh ular itu dengan sekop tetapi berubah pikiran pada menit terakhir dan memutuskan untuk menangkapnya untuk membuat wine dari bisa ular. Sayangnya, ketika dia memutuskan untuk mengambil ular berbisa dan memasukkannya ke dalam karung, ular itu menggigit pergelangan tangan kanannya.

Wine bisa ular dibuat dengan memasukkan seluruh ular ke dalam toples anggur beras atau alkohol lainnya. Cara lain adalah dengan meminum darah ular yang telah dicampur dengan empedu dan alkohol.

Yu mencoba menyedot racunnya dan mencuci lukanya dengan air bersih, tetapi segera setelah itu, gusinya mulai berdarah, dan bibirnya mati rasa. Tak lama kemudian dia mengalami gejala termasuk sesak di dada dan kesulitan bernapas.

Beruntung, meski lengan kanannya bengkak, kondisi Yu dikatakan stabil untuk saat ini. Rumah sakit tidak mengatakan kapan dia akan dipulangkan.



Simak Video "Pernah Keracunan, Mikha Tambayong Kini Jalani Hidup Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)