Jumat, 20 Agu 2021 18:00 WIB

Disangka Long COVID, Wanita Ini Ternyata Idap Kanker Paru-paru

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Seorang wanita mengeluhkan sesak napas dan mengira kondisi tersebut terjadi akibat long COVID meski ia sebelumnya tidak pernah dites positif COVID-19.

Awalnya, Brogan Williams, 33, sempat mengalami kanker payudara. Ia mengalami sesak napas dan rasa nyeri di bagian punggungnya pada Oktober 2020 lalu.

Pandemi Corona membuatnya jarang melakukan konsultasi tatap muka dengan dokternya sehingga tak ada yang tahu sel kanker sudah menyebar di kedua paru-parunya.

Dikutip dari The Sun, sebelum didiagnosis kanker paru-paru, Williams, dinyatakan mengalami infeksi paru-paru karena gejalanya mirip dengan long COVID. Saat itu ia pun diminta pulang dan beristirahat di rumah.

Hanya saja, pada minggu berikutnya, ia mulai kesulitan menaiki anak tangga karena rasa sakit yang amat sangat pada punggungnya dan terjatuh. Anaknya lalu menghubungi layanan kesehatan untuk meminta bantuan.

Hasil pemeriksaan onkologi menemukan adanya benjolan di lehernya dan menyarankan Williams melakukan pemindaian dan biopsi darurat. Hasil CT scan menunjukkan adanya sel kanker dan cairan di paru-parunya.

Saat itulah ia baru mengetahui mengidap kanker paru-paru stadium lanjut dan bukan long COVID.

"Saya sudah dalam remisi sejak Oktober 2020. Saya datang ke dokter umum dan ahli onkologi dengan keluhan nyeri dada. Tapi, mereka mengatakan kemungkinan kecil kanker kembali menyerang karena saya masih muda," kata William.

Ia sangat menyesalkan keputusan dokter yang tak langsung memeriksa dirinya saat mengeluhkan gejala di awal Oktober. Kini, ia menjalani pengobatan untuk kanker paru stadium lanjut yang ia alami.



Simak Video "Temuan WHO: Seperempat Penyintas Corona di Dunia Alami Long Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)