Kamis, 19 Agu 2021 12:43 WIB

5 Pertanda COVID-19 Sudah Menyebar ke Paru-paru Pengidapnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Portrait of a female doctor (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sebagian pasien dapat mengalami masalah paru-paru akibat COVID-19. Beberapa gejala yang dirasakan pun cukup khas, seperti batuk secara terus menerus, sesak napas, dan nyeri dada.

Apabila pasien COVID-19 sudah mengalami masalah pada paru-parunya, ini perlu untuk diwaspadai. Pasalnya, ini bisa menjadi salah satu kondisi fatal saat terinfeksi.

Menurut Dr Arvind Mohan, Ketua Institute of Chest Surgery, Chest Onco-Surgery & Lung Transplantation, kerap kali paru-paru mengalami penurunan fungsi usai terinfeksi virus Corona dan kondisi ini dapat berlangsung lama.

Berdasarkan jurnal yang dimuat di John Hopkins Medicine, ada beberapa tanda COVID-19 sudah menyerang paru-paru seperti sebagai berikut.

1. Batuk terus-menerus

Dikutip dari Times of India, salah satu tanda virus Corona sudah menyerang paru-paru, pasien akan mengalami batuk yang parah. Batuk kering ini umumnya dapat terjadi selama 2-3 minggu setelah terpapar COVID-19.

Hal ini juga dapat menjadi tanda awal pasien mengalami komplikasi paru-paru akibat COVID-19.

2. Sesak napas

Sesak napas merupakan salah satu pertanda adanya gangguan fungsi paru-paru. Kondisi ini membuat oksigen sulit masuk ke dalam paru-paru.

Apabila pasien COVID-19 sudah mengalami sesak napas, kemungkinan virus tersebut sudah menginfeksi paru-parunya. Dalam kondisi ini, biasanya pasien akan membutuhkan bantuan oksigen tambahan.

Hal ini juga dapat menimbulkan masalah pasca sembuh, karena pasien tersebut kemungkinan akan membutuhkan bantuan untuk memperbaiki fungsi paru-parunya akibat COVID-19.

3. Nyeri dada

Para dokter memperingatkan rasa nyeri di dada secara tiba-tiba bisa menjadi tanda kerusakan paru-paru akibat COVID-19. Pasien bisa mengalami ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome).

ARDS dapat menjadi tanda peradangan paru-paru dan menimbulkan dampak yang lebih lama, seperti timbul jaringan parut di paru-paru. Maka dari itu, pasien perlu mewaspadai kondisi ini.

Selain batuk secara terus menerus, sesak napas, dan nyeri dada, berikut sejumlah tanda masalah paru-paru akibat COVID-19. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Wujud CT Scan Toraks 0-14 Hari Saat Terinfeksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]