Rabu, 28 Jul 2021 13:58 WIB

Viral Rontgen Paru-paru COVID-19 Divaksin Vs Tidak, Ini Komentar Dokter Paru

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jakarta -

Baru-baru ini hasil foto rontgen paru-paru orang yang terinfeksi virus Corona viral di media sosial. Foto tersebut menunjukkan tingkat keparahan infeksi yang berbeda antara pasien yang sudah divaksinasi COVID-19 dan yang belum.

Hasil foto rontgen ini dibagikan oleh seorang dokter bernama Anne Gabriel-Chan. Total ada 4 foto yang diunggahnya, 3 di antaranya adalah foto rontgen paru-paru pasien COVID-19 yang sudah divaksinasi, baik menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca, maupun Pfizer.

Sementara satu fotonya lagi adalah paru-paru pasien yang belum divaksinasi COVID-19. Pada foto ini, tampak paru-paru sang pasien penuh dengan bercak putih.

"Tiga pasien mengalami gejala ringan hingga hampir tanpa gejala dan satu pasien (yang belum divaksinasi) terengah-engah dan langsung dirawat di ICU. Silakan lihat foto rontgen dada mereka di bawah ini," tulisnya.

Tanggapan dokter paru

Menurut dokter paru dari RS Royal Taruma, Jakarta Barat, dr Budhi Antariksa, SpP(K), orang yang sudah divaksinasi COVID-19 memang akan memiliki kekebalan terhadap virus Corona. Oleh karenanya, tubuh akan terhindar dari sakit yang parah ketika terpapar COVID-19.

"Yang saya ketahui adalah, pasien yang telah divaksin maka secara klinisnya lebih kuat daripada yang belum divaksin, karena dalam tubuhnya sudah ada antibodi yang kuat akibat vaksin," kata dr Budhi saat dihubungi detikcom, Rabu (28/7/2021).

"Jadi itulah yang terjadi juga pada paru nya, paru pasien yg telah divaksin akan lebih sedikit gambaran peradangan nya (pneumonia), sehingga saat dilakukan foto rontgen paru akan terlihat seperti gambar di atas," jelasnya.

Sependapat dengan dr Budhi, dokter paru dari RS Persahabatan dr Erlang Samoedro, SpP, juga mengatakan orang yang sudah divaksinasi COVID-19 cenderung hanya mengalami gejala ringan saja ketika terinfeksi virus Corona.

dr Erlang mengatakan meski foto rontgen tersebut belum diketahui secara pasti apakah dari hasil pemeriksaan pasien COVID-19 atau bukan, namun bisa menjadi perumpamaan tentang dampak infeksi virus Corona pada orang yang belum divaksinasi dan yang sudah.

"Vaksinasi melindungi dari paparan COVID dan bila terinfeksi gejalanya jadi lebih ringan kalau gambaran foto ya mencerminkan berat ringannya penyakit," ujar dr Erlang dalam wawancara terpisah.

"Tapi saya juga nggak tahu itu beneran foto penderita apa ngga, tapi itu perumpamaan saja," tuturnya.

(ryh/up)