Rabu, 24 Nov 2021 12:41 WIB

Idap Kondisi Langka, Remaja Ini Kurus 'Abadi' karena Tak Bisa Punya Lemak

Firdaus Anwar - detikHealth
Penyandang penyakit langka, tubuhnya tak bisa menyimpan lemak. Foto: Tangkapan layar/Facebook
Jakarta -

Pada manusia normalnya tubuh memiliki kandungan lemak yang berfungsi sebagai cadangan energi. Namun hal ini tidak berlaku untuk Dylan Lombard, seorang remaja 18 tahun dari Inggris yang memiliki kondisi langka sindrom mandibular hypoplasia, deafness, dan progeroid (MDP).

MDP disebut sebagai penyakit langka karena hanya memengaruhi puluhan orang di dunia. Pengidap MDP bisa memiliki beberapa gangguan, salah satunya ketidakmampuan tubuh untuk menyimpan lemak.

Dylan bercerita kondisi MDP-nya mulai tampak saat menginjak usia 18 bulan. Berawal dari kecurigaan sang ibu yang melihat tubuh Dylan semakin kurus, tidak setara dengan anak lain seusianya.

"Dokter butuh waktu 10 tahun untuk akhirnya mendiagnosis saya dengan kondisi ini setelah pemeriksaan yang rutin karena begitu langka," ungkap Dylan seperti dikutip dari Mirror, Rabu (24/11/2021).

Dengan tubuh yang kurus Dylan tidak bisa melakukan beberapa kegiatan di sekolah, seperti misalnya olahraga. Ia juga kerap mendapat pandangan aneh atau komentar dari orang sekitar.

Hal ini bagi Dylan justru jadi kesempatan untuk berbagi tentang kondisi langkanya pada orang lain. Ia sengaja ingin memberikan edukasi soal penyakit langka.

"Saya senang berbagi cerita, berhubungan dengan orang lain di seluruh dunia," kata Dylan.

"Ini membuat saya jadi orang yang lebih kuat dan percaya diri," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Cutis Laxa, Penyebab Bayi Berwajah Keriput"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)