Selasa, 07 Des 2021 05:30 WIB

Sedih! Bocah Ini Cuma Makan Keripik dan Susu Almond Akibat Penyakit Langka

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Piring biru yang kosong di atas eja berwarna biru. Dilenhkapi sendok dan garpu. Gangguan pola makan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seorang bocah berusia 4 tahun asal Narborough, Leicestershire, hanya bisa mengonsumsi sedikit jenis makanan karena penyakit langka yang diidapnya. Michelle sang ibu mengatakan, salah satu makanan pokok anaknya, Ava, adalah keripik.

Michelle menyebutkan bahwa Ava mengidap sejumlah kondisi, termasuk sindrom Cohen dan gangguan asupan makanan penghindar atau Avoidant Restrictive Food Intake Disorder (ARFID). Menurut ibunda, Ava hanya bisa makan keripik, wafel roti panggang, jenis bubur bayi tertentu, serta hanya minum susu almond manis dan campuran vitamin yang diresepkan.

Sang ibu mengungkapkan bahwa dirinya harus berjuang untuk menemukan keripik rasa garam laut panggang karena produk tersebut kerap habis di supermarket. Namun, Michelle dan keluarga beruntung karena sejumlah orang mengirim keripik untuk anaknya sekitar 450 paket.

Menurut ahli diet residen This Morning, Ursula Philpott, penyakit ARFID yang dialami Ava ini baru diakui secara resmi pada tahun 2013. Gejalanya ditandai dengan penolakan terhadap makanan tertentu atau sangat membatasi berapa banyak yang mereka makan.

Menurut badan amal Beat Eating Disorders, Anak dengan ARFID lebih ekstrem kondisinya daripada fussy eater. Kondisi ini dapat menyebabkan muntah, tersedak atau menjadi takut, bahkan kesal di sekitar makanan.

Kondisi ini berbeda dari anoreksia dan bulimia karena tidak terkait dengan citra tubuh, tetapi lebih merupakan keengganan fisik terhadap makanan.

"Ava memiliki sindrom genetik langka yang disebut sindrom Cohen yang mempengaruhi sekitar 1.000 orang di dunia," kata Michelle, dikutip dari Daily Mail.

Hal itulah yang menyebabkan banyak masalah pencernaan dan alergi makanan. Ditambah, Ava memiliki ARFID, yang merupakan gangguan menghindari makanan. Michelle pun terpaksa memberikan keripik tinggi natrium karena Ava hanya bisa cocok dengan makanan itu.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Mengenal Cutis Laxa, Penyebab Bayi Berwajah Keriput"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)