Dokter di Depok Ini Viral! Dibayar Sukarela, Pakai Sayuran Pun Tak Apa

ADVERTISEMENT

Dokter di Depok Ini Viral! Dibayar Sukarela, Pakai Sayuran Pun Tak Apa

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Minggu, 12 Des 2021 05:33 WIB
Jakarta -

Bagi sebagian orang, pergi berobat ketika sakit menjadi hal yang perlu pertimbangan, sebab mahalnya biaya pengobatan jadi salah satu kendalanya.

Melihat kondisi tersebut, seorang dokter bernama Rinal Dhuhri membuat langkah positif. Ia justru membuka prakktik dengan tarif sukarela.

Rinal bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta. Di sana pasien membayarnya dengan tarif normal. Untuk tarif sukarela, ia lakukan di tempat praktik miliknya sendiri, yakni di Cilodong, Depok.

"(Kalau yang sukarela) di praktik pribadi saya, di Cilodong, Depok," katanya, dikutip dari channel YouTube TRANS TV Official pada Jumat (10/12/2021).

Rinal mengungkapkan ada banyak cerita yang ia alami selama menjalani praktik dengan tarif sukarela tersebut. Di antaranya dari pasien home visit

"Saya datang ke rumah-rumah (home visit) bagi pasien-pasien yang tidak sanggup ke klinik atau ke tempat praktik saya. Di situ banyak kisah menarik bagi saya sendiri," ucapnya.

Dari beberapa di antaranya, Rinal mengatakan bahwa mereka tak berobat karena tak memiliki biaya. Baik untuk kendaraan menuju tempat praktik, hingga membayar jasa dokter.

"Kadang-kadang mereka enggak punya kendaraan dan enggak punya biaya." jelasnya.

"Mereka berpikir ketika panggil dokter ke rumah, itu pasti biaya lebih mahal," tuturnya.

Pada satu kesempatan, ia juga pernah dibayar dengan sayuran. Kejadian itu bukan terjadi akhir-akhir ini saja, melainkan sejak awal praktik dan home visit, rinal sudah menerima tarif sukarela.

"Kadang-kadang mereka bilang, 'Dok saya enggak punya biaya'. Saya bilang enggak perlu karena jasa saya ikhlas bahkan gratis," ucapnya.

"Lalu ada juga yang bilang, 'Dok adanya ini (sayur)'. (Dijawab), 'Ya itu lah rezeki saya, mau ibu kasih apapun, yang penting ikhlas. Jadi kita sama-sama berkah.' Saya ngomong seperti itu," paparnya.

Perilaku terpuji yang dilakukan dokter Rinal membuat praktik dengan tarif sukarela ini menuai banyak reaksi dari netizen. Postingannya soal hal tersebut pun sempat membuatnya viral kala itu.

"Saya sudah sebarkan pertama di TikTok, sekitar 15 menit saya hapus lagi karena enggak menyangka sampai begitunya (viral)," katanya.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT