ADVERTISEMENT

Senin, 20 Des 2021 19:03 WIB

Bukan di Rahim, Wanita Ini Hamil Anaknya di Hati

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi USG Wanita ini hamil anaknya di dalam hati atau liver. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Seorang wanita mengalami kondisi langka yang disebut kehamilan ektopik. Hal ini diungkapkan oleh dokter anak di Children's Hospital Research Institute of Manitoba, Kanada, bernama Dr Michael Narvey di akun TikTok miliknya.

Saat dilakukan USG, ditemukan adanya bayi yang belum lahir di dalam hati wanita tersebut. Menurut Dr Narvey, itu adalah kasus yang sangat langka terjadi.

"Saya pikir saya telah melihat semuanya - seorang wanita berusia 33 tahun datang dengan riwayat perdarahan menstruasi 14 hari dan 49 hari sejak periode menstruasi terakhirnya," kata Dr Narvey yang dikutip dari Mirror UK, Senin (20/12/2021).

"Apa yang mereka temukan di hati adalah bayi. Dia mengalami kehamilan ektopik di hatinya. Kami biasanya melihat ini (bayi) di perut, tetapi tidak pernah di hati. Ini yang pertama bagi saya," lanjutnya.

@nicu_musings

Where is this ectopic ##pregnancy ⁉️Believe it or not! ##doctor ##baby ##doctorsoftiktok ##fypシ ##foryoupage

♬ original sound - Dr Michael Narvey

Kehamilan ektopik ini bisa terjadi akibat sel telur yang telah dibuahi menanamkan diri di luar rahim, salah satunya saluran tuba. Saluran tuba merupakan saluran yang menghubungkan ovarium ke rahim.

Saat kondisi ini terjadi, kehamilan bisa terjadi pada perut bagian atas dan atas hati. Jika ini terjadi, janin tidak akan berkembang menjadi bayi dan tidak mungkin menyelamatkan kehamilan wanita tersebut.

Untuk cara mengatasinya, harus dilakukan tindakan operasi agar bisa menyelamatkan pasien. Tapi, janin yang tumbuh sayangnya tidak akan bisa bertahan hidup.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT