Rabu, 30 Mar 2022 17:45 WIB

Viral Netizen Ngeluh Kedutan 3 Hari Non-stop, Ternyata Kena Penyakit Ini

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Viral mata kedutan tiga hari non-stop Viral kedutan tiga hari non-stop. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral)
Jakarta -

Viral curhatan netizen mengeluh mengalami kedutan tiga hari non-stop. Wanita bernama Abrianti Rukmini, mahasiswi Institut Okayama Jepang sebelumnya tak mengetahui apa yang memicu kondisi tersebut, tetapi belakangan dokter menyatakan dirinya mengidap terkena bell's palsy.

"Awal yang dirasain pertama kali mata kedutan 3 hari non stop," kata akun @abrianti di akun TikTok.

Video yang telah ditonton sebanyak 4 juta kali, lantas menuai banyak respons netizen. Beberapa di antaranya meyakini wanita ini terlalu sering terkena kipas angin secara langsung.

Kronologi awal mula

Abrianti Rukmini menceritakan bahwa awal mula atau kronologi penyakit yang diidapnya adalah mata kedutan selama 3 hari lalu mata sebelah kiri susah gerang dan saat berbicara bibirnya miring ke sebelah kanan.

Kala di rumah sakit, ia harus dites PCR terlebih dahulu untuk memastikan positif atau negatif COVID-19.

"Hari ini aku belum dipegang dokter sama sekali dan aku tes PCR melalui air ludah karena kebetulan hari ini kau demam tinggi banget dan ditakutinnya kan Corona jadi dokternya ngga berani pegang," ucap Abrianti pada video TikTok, sudah berkenan ceritanya dikutip detikcom.

"Setelah tes PCR aku menggigil banget sampe-sampe sama susternya kasih dua pemanas dong, terimakasih udah kasih pemanas buat aku," sambungnya.

Dikarenakan kondisi tak kunjung membaik, Abrianti diharuskan rawat inap di rumah dan diberi obat oleh dokter. Beberapa obatnya adalah ada vitamin B12, lalu obat herpes, obat tetes mata agar tidak iritasi dan obat mata agar matanya lengket dan tidak sering terbuka.

Setelah 9 hari, ia di-diagnosa terkena penyakit herpes dan bell's palsy. Terlihat dari video unggahannya di TikTok ada banyak sekali obat yang harus diminum setiap hari.

"Dikasih obat dan harus diminum setiap hari, ini untuk 70 hari dan kalau habis wajib beli lagi, pokoknya gak boleh stop minum obat. Ini ada obat untuk 7 hari, obat untuk 30 hari, obat untuk mata, dan seperti koyo jika sakit pinggang," jelasnya pada video Tiktok tersebut.

Dengan rutin meminum obat yang diberikan dokter, saat ini Abrianti Rukmini sedang dalam fase penyembuhan.

Lalu apa itu Bell's Palsy?

Dikutip dari Healthline, Bell's palsy adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan sementara pada otot-otot di wajah. Ini dapat terjadi ketika saraf yang mengontrol otot-otot wajah yang meradang, bengkak, atau tertekan.

Kondisi tersebut menyebabkan satu sisi wajah menjadi kaku. Kamu mungkin mengalami kesulitan tersenyum atau menutup mata di sisi yang sakit. Dalam kebanyakan kasus, Bell's palsy bersifat sementara dan gejalanya biasanya hilang dalam beberapa minggu atau bulan.

Meskipun Bell's palsy dapat terjadi pada usia berapa pun, kondisi ini lebih sering terjadi pada orang berusia antara 16 dan 60 tahun. Bell's palsy dinamai menurut ahli anatomi Skotlandia Charles Bell, yang pertama kali menggambarkan kondisi tersebut.



Simak Video "Kenapa Kita Jadi Netizen yang Gampang Baper?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)