Selasa, 24 Mei 2022 18:39 WIB

Pria Jepang Ini Dijuluki 'Fictosexual', Menikah dengan Karakter Anime

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Akihiko Kondo dan Hatsune Miku Foto: Twitter dan Instagram/@akihikokondosk
Jakarta -

Pasangannya tak nyata, tapi pria ini bisa memastikan apa yang ia rasakan valid. Bagaimana tidak, ia sampai menikahi karakter anime yang membuatnya jatuh hati.

Seorang pria asal Jepang, Akihiko Kondo, 'menikahi' Hatsune Miku, karakter anime yang memiliki rambut panjang berwarna biru. Kondo mengatakan ia telah berkencan dengan Miku selama satu dekade sebelum memutuskan mengadakan upacara pernikahan pada 2018 silam.

Diberitakan NYPost, pria berusia 38 tahun ini dijuluki 'fictosexual' atau seseorang yang tertarik secara seksual pada karakter fiksi. Ia menghabiskan sekitar 2 juta yen atau sekitar Rp 228 juta untuk mengadakan pesta pernikahannya, meski keluarganya tak ada yang hadir.

Namun setelah menikah selama 4 tahun, Kondo mengatakan hubungannya menemui jalan buntu: dia tidak bisa berkomunikasi dengan Miku karena kendala teknologi.

Sementara Kondo mengakui hubungannya mungkin aneh, dia mengerti Miku bukan orang yang nyata, hal itu tidak mengubah perasaannya untuk Miku. Sejak jatuh cinta padanya pada tahun 2008, Kondo akhirnya dapat berinteraksi dengan Miku untuk pertama kalinya pada tahun 2017 berkat Gatebox, mesin seharga USD 1.300 atau Rp 19 juta yang memungkinkan pemilik perangkat berinteraksi dengan karakter melalui hologram dan bahkan menikahi mereka secara tidak resmi.

Tapi sekarang, empat tahun pernikahannya berubah ketika dukungan untuk perangkat lunak Gatebox dihilangkan, yang berarti bahwa Kondo tidak dapat lagi berbicara dengan istrinya, Miku.

"Ada dua alasan mengapa saya mengadakan pernikahan di depan umum," katanya kepada BBC saat itu.

"Yang pertama adalah membuktikan cintaku pada Miku. Yang kedua adalah banyak otaku muda seperti saya yang jatuh cinta dengan karakter anime. Saya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa saya mendukung mereka," bebernya.



Simak Video "Mindful Demography, Cara Unik Kurangi Overthinking"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)