Selasa, 07 Jun 2022 07:00 WIB

Viral Wanita Menstruasi Sebulan 3x, Ternyata Mengidap Penyakit Ini

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
TikTok @daysofkim (atas izin yang bersangkutan) Viral menstruasi sebulan 3x (Foto: TikTok @daysofkim (atas izin yang bersangkutan))
Jakarta -

Viral sebuah video di media sosial TikTok yang menampilkan seorang wanita yang bercerita tentang masalah menstruasinya. Pada video tersebut tertulis caption "wakakaka hidupku penuh dgn kebadutan"

Wanita yang diketahui bernama Haniifah Nadaa Amadea, bercerita bahwa pada awalnya ia telat menstruasi selama satu bulan dan menganggap hal itu biasa.

Namun, bulan berikutnya tanpa disangka ia mengalami menstruasi sebanyak tiga kali dalam satu bulan. Setelah melakukan pemeriksaan ternyata ia mengalami Adenomyosis.

@daysofkim

wakakaka hidupku penuh dgn kebadutan🤡🤡🤡🤡🤡🤡🤡🤡

♬ original sound - nata 👸🏼

Ia menceritakan gejala yang dialaminya saat mengalami kondisi tersebut. Gejalanya seperti sakit hingga pendarahan yang hebat saat menstruasi.

"Gejalanya itu pas mens sakit banget sampe ga bisa bangun, terus pendarahan hebat jadi kalo berdiri aja itu bisa keluar darah, kadang bersin juga keluar darah," tutur wanita 21 tahun tersebut saat dihubungi detikcom pada Senin (6/6/22).

Awalnya, Nadaa mengalami Adenomyosis ketika berumur 15 tahun dan pada saat itu ia belum begitu aware dengan kondisinya, gejala yang ditimbulkan adalah ketika mengalami menstruasi bisa sampai 1,5 bulan lamanya.

"Emang dari 2015 pas SMP udah sempet kena Adenomyosis, kakak sih yang nyuruh periksa soalnya dia ngeliat aku kalo mens suka ga normal, soalnya bisa sampe sebulan setengah, biasanya kan paling lama 2 minggu," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sudah sempat dinyatakan sembuh oleh dokter, dan pada tahun 2022 muncul kembali. Dokter menjelaskan bahwa Adenomyosis bisa terjadi kepada wanita semua usia, namun belum bisa dijelaskan penyebab utamanya.

Dikutip dari Mayo Clinic, Adenomyosis merupakan suatu kondisi di mana jaringan endometrium yang biasanya melapisi rahim tumbuh ke dalam dinding otot rahim. Penderita adenomyosis umumya merasakan gejala sakit yang luar biasa saat menstruasi dan mengalami pendarahan hebat.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)