Gadis Ini Sampai Pakai Kursi Roda Gegara Sering Tahan Kentut, Kok Bisa?

ADVERTISEMENT

Gadis Ini Sampai Pakai Kursi Roda Gegara Sering Tahan Kentut, Kok Bisa?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Sabtu, 09 Jul 2022 21:00 WIB
Person farting
Gadi sampai harus pakai kursi roda gegara tahan kentut, kok bisa? Foto: Getty Images/iStockphoto/grinvalds
Jakarta -

Seorang influencer asal Brasil, Vitória De Felice Moraes, atau lebih dikenal dengan sapaan Viih Tube, baru saja membuat khawatir 23,4 juta pengikut Instagramnya setelah memposting foto dirinya didorong dengan kursi roda pada sebuah bandara.

Wanita berusia 21 tahun itu mengungkapkan bahwa dia mengalami sakit yang tak tertahankan saat berada di festival musik Rock in Rio Lisboa 2022 dengan pacarnya, Eliezer. Namun, ternyata rasa sakitnya disebabkan karena menahan kentut di depan pacarnya.

"Dan saya, di bandara, mulai merasakan sakit yang tak tertahankan dan saya bahkan diletakkan pada kursi roda dan ternyata (karena) kentut," tulisnya di Instagram, seperti dikutip The Sun, Sabtu (9/7/2022).

Gas yang terperangkap dalam tubuh memang terkadang tidak serius. Tapi bisa menimbulkan rasa sakit, mengingat bisa terasa seperti nyeri kantung empedu atau menyebabkan nyeri dada.

Dokter dari Layanan Kesehatan Nasional (NHS UK) menyatakan kentut adalah gas sisa proses pencernaan, jika ditahan bisa menyebabkan mulas, kembung, dan rasa nyeri.

"Gas terbentuk secara alami di perut Anda sebagai produk limbah pencernaan. Itu bercampur dengan udara yang Anda telan saat Anda makan dan minum. Jika Anda menahan kentut, bisa menyebabkan mulas, kembung, dan nyeri," ucapnya.

Bahkan ia menyatakan, gas yang ditahan bisa juga keluar melalui mulut sebagai sendawa, namun berbau tidak sedap.

"Gas yang keluar bisa berupa sendawa yang bau dan membuat napasmu bau. Bayangkan melakukan sendawa yang berbau seperti kentut," pungkasnya.

Dikutip dari Healthline, dalam jangka pendek, menahan kentut dapat menyebabkan secara langsung:

  • Rasa sakit
  • Tidak nyaman
  • Kembung
  • Gangguan pencernaan
  • Maag

Terlebih lagi, saat tekanan meningkat, tingkat stres Anda juga meningkat, membuatnya semakin tidak nyaman dan kecil kemungkinan akan bisa menahan kentut.



Simak Video "Bahaya Termakan Love Bombing, Bisa Ragu pada Diri Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT