ADVERTISEMENT

Sabtu, 06 Agu 2022 17:01 WIB

Curhat Pria Merana Gegara Cacar Monyet: Muncul Luka di Jari, Wajah, dan Mulut

Vidya Pinandhita - detikHealth
Lake Javan (@DatSexyGoose) membagikan gambar luka pada jari dan area wajahnya akibat cacar monyet. Lake Javan membagikan gambar luka pada jari dan area wajahnya akibat cacar monyet. Foto: Lake Javan (Twitter @DatSexyGoose)
Jakarta -

Seorang pria di Inggris, Lake Javan, membagikan pengalaman pahitnya terpapar cacar monyet. Ia mengalami luka-luka di jari tangan dan wajah. Lewat akun Twitter miliknya dengan lebih dari 27 ribu pengikut , ia mengingatkan orang-orang bahwa cacar monyet benar-benar ada dan bukan sekedar guyonan.

"Jika saya punya kesempatan untuk mendapatkan vaksin sebelum ini, saya 100 persen akan melewatkan semua rasa sakit dan kemungkinan jaringan parut ini," ujar Javan lewat akun Twitter @DatSexyGoose, Selasa (26/7/2022), sembari mengunggah dua foto dirinya. Satu foto menunjukkan luka berdarah pada jari, satu foto lainnya menunjukkan luka berlubang pada wajah di sekitar dagu.

Lebih lanjut Javan mengungkapkan, ia mengalami gejala ekstrim berupa menggigil, kelelahan kronis, sakit kepala, dan nyeri tubuh. Ia sempat mengkonsumsi parasetamol. Namun seiring waktu, gejala tersebut berkembang hingga muncul benjolan berisi nanah di wajah dan mulut bagian dalam.

"Ketika tidak kedinginan, saya terbangun dengan berkeringat. Selama tahap sakit, benjolan besar berisi nanah terbentuk di wajah saya dan di bagian dalam mulut saya. Awalnya tidak sedap dipandang dan menjengkelkan daripada apa pun," beber Javan.

"Tapi seiring waktu, tahap sakit saya berkembang ke tingkat sakit yang tinggi dan sekarang berdarah daripada bernanah. Itu membuat saya mustahil makan atau minum apa pun tanpa ingin menangis. Ada lesi di seluruh tubuh saya, mereka kecil dan lebih gatal pada tahap sekarang," sambungnya.

Dikutip dari Express UK, berikut daftar gejala cacar monyet menurut National Health Service (NHS) Inggris:

  • Suhu tinggi
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit punggung
  • Pembengkakan kelenjar
  • Menggigil
  • Kelelahan


Simak Video "3 Fase yang Dialami Pasien Terinfeksi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT