ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 13:00 WIB

Curhat Wanita Diusir dari Pesawat Gegara Dikira Idap Cacar Monyet

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi penumpang pesawat Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/ViktorCap
Jakarta -

Seorang wanita mengklaim dirinya dikeluarkan dari pesawat karena eksim parah yang dideritanya. Para staf mengira eksim itu adalah cacar monyet.

Wanita bernama Jacqueline Nguyen ini membagikan video di TikTok dengan akun @jacqueline.ngu tentang dirinya yang dikeluarkan dari pesawat Spirit Airlines. Dalam video tersebut, ia menangis dan merasa dipermalukan.

"Saya belum pernah dipermalukan dalam hidup saya. Mereka menyuruh saya turun dari pesawat di depan semua orang bersama istri saya untuk menginterogasi saya tentang eksim yang saya alami sepanjang hidup saya," jelasnya dalam akun tersebut yang dikutip dari NYPost, Selasa (9/8/2022).

"Mereka meminta saya untuk memberikan dokumen medis dan menyuruh istri saya untuk memperhatikan sikapnya," sambungnya.

@jacqueline.ngu misinformation leads to discrimnation/hostility. everyone with a visible non-contagious skin condition has been anticipating this #monkeypox#eczema ♬ i'm Peppa Pig - funny

Di dalam videonya, Nguyen meminta agar maskapai penerbangan itu mendapat ditindak secara hukum. Ia juga meminta pihak maskapai memberikan pemahaman pada karyawannya soal gejala cacar monyet, agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi.

"Mungkin ajari karyawan Anda tentang seperti apa cacar monyet, sebelum Anda menangkap ratusan kasus diskriminasi medis," jelas Nguyen.

"Misinformasi mengarah pada diskriminasi/permusuhan. Semua orang dengan kondisi kulit yang terlihat tidak menular telah mengantisipasi hal ini," tambahnya.

Dalam video selanjutnya, Nguyen mengungkapkan dirinya yang bisa kembali naik ke pesawat. Saat diinterogasi, ia menunjukkan pada staf Spirit Airlines krim eksim yang diresepkan untuknya.

Saat kembali di pesawat, Nguyen masih mendapatkan perlakuan yang kurang mengenakkan. Pramugari yang ada di pesawat bahkan berjalan ke arah lain saat bertemu dengannya.

"Seorang pramugari segera berbalik dan berjalan ke arah lain, bahkan tidak melihat saya, seolah-olah kontak mata akan menyebarkannya (cacar monyet)," tegasnya.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT