ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 08:30 WIB

Viral Pria Tangerang Tunjukkan Kuku Ambyar Gegara Spidol, Begini Ceritanya

Alethea Pricila - detikHealth
Tangkapan layar Tiktok @arifkennedy - atas izin yang bersangkutan Penampakan kuku rusak gegara dicoret pakai spidol (Foto: Tangkapan layar Tiktok @arifkennedy - atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Seorang pria di Kabupaten Tangerang, Arif (@arifkennedy), viral di Tiktok seusai membagikan kisahnya mengalami kerusakan kuku akibat kebiasaan mencoret jarinya menggunakan spidol. Hobi mencorat-coret tersebut ia lakukan sejak berusia lima tahun, bermula ketika ia bermain dengan saudaranya.

"Awal mulanya ketika saya mau mendekati umur 5 tahun, saya sedang main sama saudara saya yang kebetulan kebanyakan perempuan dan main kutek-kutekan, nah saya lakuin dan pakai spidol permanen," ujar Arif, kepada detikcom, Selasa (9/8/2022).2

Ia menjelaskan gejala awal yang dirasakan adalah kuku gatal. Beberapa hari kemudian, kuku berubah secara perlahan mulai dari kuku tangan hingga kaki.

"Karena saya coret semua kuku saya secara barengan berhari-hari, berturut-turut (kuku) mulai berubah sedikit demi sedikit secara bersama mulai dari kuku tangan sampai kaki," ucapnya.

Hal itu membuat kukunya rusak sampai saat ini. Arif menjelaskan, dirinya sudah berobat ke beberapa tempat untuk menyembuhkan kukunya tetapi hasilnya nihil. Kukunya tidak kunjung sembuh.

"Sampai sekarang tidak pernah sembuh padahal sudah berobat sana sini, terapi segala macam, pake obat oles segala macam, minum obat segala macam, semua sudah dilakukan tapi tidak ada perubahan," keluhnya.

Pernah Sampai Mencabut Kuku

Pria 18 tahun ini juga menjelaskan, suatu hari kukunya pernah berdarah dan ia mencabut. Tetapi kemudian, kukunya tumbuh kembali dengan bentuk kuku yang rusak.

NEXT: Apa kata dokter?

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT