ADVERTISEMENT

Rabu, 14 Sep 2022 07:31 WIB

Dokter Bedah Dibikin Kaget, Angkat Tumor Seberat 45 Kg dari Tubuh Seorang Wanita

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi operasi Foto: thinkstock
Jakarta -

Seorang wanita bertubuh mungil di Brasil menjalani operasi pengangkatan tumor dengan berat hampir 45 kg. Wanita tersebut melapor ke klinik setelah menderita sesak napas, awalnya terasa seperti tertimpa massa yang besar.

Dokter kemudian dibuat tercengang. Mereka menemukan bahwa di bagian tubuh wanita tersebut terdapat tumor seberat 100 pon (setara 45 kg).

"Tidak setiap hari Anda mengoperasi tumor sebesar itu!" ujar ketua ahli bedah Glaucio Boechat kepada Jam Press tentang prosedur yang belum pernah ia lakukan sebelumnya, dikutip dari New York Post, Selasa (13/9/2022).

Tindakan operasi tersebut berlangsung pada 31 Agustus di Rumah Sakit São José do Avaí di Rio de Janeiro.

"Itu adalah tumor terbesar yang pernah saya operasi dan tentu saja salah satu yang terbesar yang pernah diangkat siapa pun," beber ahli bedah tersebut. Diketahui, dr Boechat sudah bekerja sebagai dokter bedah selama hampir 20 tahun.

Sudah Hidup dengan Tumor 'Raksasa' Selama 5 Tahun

Para ilmuwan berspekulasi, tumor tersebut berasal dari rahim pasien. Namun, hal itu belum bisa dipastikan lantaran hasil biopsi baru bisa keluar dalam waktu sekitar 20 hari.

Melihat ukuran dan massa tumor yang amat besar, wanita tersebut diduga sudah hidup bersama tumor besarnya selama lima tahun terakhir. Namun begitu, hingga kini tidak diketahui jelas alasan wanita tersebut tak kunjung beroleh penanganan.

Setelah evaluasi singkat, tim bedah memutuskan untuk segera mengangkat tumor pasien tersebut. dr Boechat menjelaskan, ada sekitar 13 hingga 14 dokter di ruang operasi. Seluruh dokter bedah di rumah sakit tersebut diarahkan untuk melakukan prosedur pengangkatan tumor tersebut.

Setelah dua jam tindakan, tumor tersebut berhasil diangkat dan pasien kembali dalam kondisi stabil. Dokter menjelaskan, pasien bisa bernapas tanpa bantuan peralatan apa pun.



Simak Video "Marshanda Idap Tumor Payudara, Kini Jalani Pengobatan di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT