Curhat Wanita Hidup dengan Donor Katup Jantung Babi, Endingnya Haru

ADVERTISEMENT

Curhat Wanita Hidup dengan Donor Katup Jantung Babi, Endingnya Haru

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 09 Des 2022 10:29 WIB
Medical Team Performing Surgical Operation in Modern Operating Room
Ilustrasi operasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)
Jakarta -

Seorang wanita di Glasgow, Inggris, hampir menyerah pada hidupnya setelah didiagnosis mengidap masalah jantung. Usianya baru 18 tahun saat didiagnosis kelainan jantung bawaan dan sepanjang tahun berikutnya harus menjalani operasi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Robyn Cairney memiliki masalah pada katup aorta yang menyempit. Demi menyelamatkan nyawanya, ia akhirnya menjalani operasi jantung besar untuk mengganti katup aorta yang bermasalah dengan katup jantung babi.

"Sungguh mengejutkan ketika saya mendapat diagnosis dan kejutan yang lebih besar ketika saya diberitahu bahwa saya perlu melepas katup dan menggantinya dengan katup dari babi," katanya dikutip dari DailyStar.

Namun, sekitar lima tahun setelah operasi, katup baru Robyn mulai rusak dan dia membutuhkan penggantinya. Kali ini katupnya berasal dari seekor sapi.

Mengira ia bisa hidup tenang, masalahnya tidak berhenti sampai di situ. Donor katup dari babi dan sapi itu berpotensi bermasalah dan perlu diganti. Problem baru, ia belum mendapatkan donor organ manusia.

Sebulan setelah diagnosa dokter, ia mengalami sesak napas parah. Pada Mei tahun ini, dia mendadak kolaps di rumahnya.

"Saya duduk di sofa ngobrol sama temanku tapi tiba-tiba kolaps," curhatnya.

Pasangannya, Simon, harus melakukan CPR saat temannya memanggil ambulans. Kru darurat datang dalam waktu lima menit dan saat itu Robyn sudah sadar kembali kemudian dia dibawa ke Rumah Sakit Universitas James Cook di Middlesbrough.

Setelah menunggu selama 16 jam, ia akhirnya dirawat di bangsal pemantauan jantung.

Next: akhirnya dapat donor manusia



Simak Video "Pasien Pertama Penerima Cangkok Jantung Babi Meninggal, Ini Kata Ahli"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT