ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jun 2012 10:04 WIB

Ulasan Khas

Penyebab Utama Bau Badan dari Masalah Sepele Hingga Berat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
(Foto: Thinkstock)
Jakarta - Masalah bau badan tidak sedap bisa dipicu oleh banyak hal, dari yang sangat sepele hingga yang berat-berat. Contoh sebab yang sepele adalah rambut ketiak yang dibiarkan 'gondrong' sedangkan yang berat contohnya komplikasi diabetes.

Rambut ketiak yang tidak bersih merupakan salah satu penyebab bau badan, karena membuat keringat mudah terjebak. Keringat yang pada dasarnya tidak berbau akan dipecah oleh bakteri sehingga dihasilkan senyawa tertentu yang baunya tidak sedap.

"Rambut ketiak bisa membuat bakteri dan keringatnya trapped (terjebak), sehingga jadi tambah bau," jelas dr Shahnaz Nadia Yusharyahya, SpKK, seorang dokter kulit yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/6/2012).

Jika memang keberadaan rambut ketiak menyebabkan bau badan makin menyengat, dr Shahnaz menganjurkan agar rambut tersebut tidak dibiarkan 'gondrong' dan menyimpan kotoran. Bisa dicukur atau dicabut, bisa juga dihilangkan dengan wax atau minimal sering-sering dibersihkan pakai sabun.

Penyebab bau badan yang lain adalah faktor usia, khususnya usia remaja saat mulai mengalami pubertas. Pada masa ini, bau badan mulai akan berbau karena kompisisi hormonal seseorang mulai berubah dan kelenjar apokrin yang fungsinya menghasilkan keringat jadi lebih aktif.

Kadang, berat badan serta pola makan juga bisa mempengaruhi bau keringat. Orang gemuk cenderung mudah berkeringat dan rentan mengalami masalah bau badan, apalagi jika senang mengonsumsi pedas-pedas atau makanan dengan bau yang sangat menyengat.

"Sudah gemuk, sukanya makan pedes. Oh, itu bisa tambah bau keringatnya," tambah dr Shahnaz.

Selain itu, bau badan yang tidak sedap juga bisa dipicu oleh masalah serius misalnya pada pengidap sakit gula atau diabetes melitus. Kadar gula darah yang sangat tinggi pada penyakit ini bisa memicu ketoasidosis, yakni pengeluaran senyawa keton melalui keringat sehingga baunya jadi sangat menyengat.

Solusi untuk mengatasi bau badan tidak sedap menurut dr Shahnaz sangat tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya adalah bakteri dan keringat berlebih, maka cukup dengan menjaga kebersihan dan memakai antiprespiran sedangkan jika disebabkan penyakit maka penyakitnya juga harus diobati.


(up/ir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT