Rabu, 13 Jun 2012 11:07 WIB

Ulasan Khas

Kenapa Bau Badan Orang Bisa Beda-beda?

Vera Farah Bararah - detikHealth
(Foto: Thinkstock) (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Setiap orang umumnya memiliki bau badan yang khas sehingga tak jarang bisa menjadi identitas dari diri orang tersebut. Kenapa bau badan tiap orang itu bisa berbeda-beda?

"Bau badan ini sangat alami dan setiap orang itu punya bau yang khas, faktor yang mempengaruhi bau badan ini juga banyak," ujar dr Amaranila Lalita Drijono SpKK, saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/6/2012).

dr Nila menuturkan ada banyak hal yang bisa mempengaruhi bau badan seperti genetik, hormon salah satunya adalah androgen, banyaknya keringat yang keluar, makanan yang dikonsumsi serta pakaian misalnya memakai jins yang tidak dicuci-cuci atau baju tebal saat cuaca panas.

Salah satu faktor yang mempengaruhi bau di badan seseorang adalah aktivitas dari kelenjar apokrin yang berfungsi meminyaki bulu dan rambut di tubuh. Aktivitas ini dipengaruhi pula oleh hormon.

Pada laki-laki umumnya memiliki bau badan yang lebih tajam daripada perempuan karena bulu di tubuhnya lebih banyak sehingga kelenjar apokrinnya lebih besar-besar dan aktif.

Sedangkan makanan yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi bau badan, terutama makanan yang memiliki bau tajam seperti jengkol, petai dan bawang putih, biasanya itu akan tercium dari bau badannya.

Misalnya pada orang India memiliki bau badan yang khas, biasanya bau badan ini berasal dari rempah-rempah yang banyak digunakan pada makanan yang dikonsumsinya sehari-hari sehingga tercium melalui bau badannya.

Umumnya bau di ketiak dan kelamin lebih menyengat dibanding bagian tubuh lain karena bulunya lebih lebat sehingga kelenjar apokrinnya lebih aktif. Disitu keringat bercampur dalam ruang tertutup sehingga memicu berkembang biaknya kuman.

"Reaksi dalam tubuh kuman tersebut menghasilkan metabolisme yang bisa menimbulkan bau, karenanya jika kuman berkembang biak ditambah dengan keringat bisa memicu bau badan," ungkapnya.

Selain itu faktor kebersihan juga mempengaruhi, jika orangnya jorok seperti jarang mandi, sering berkeringat, maka bisa dibayangkan bagaimana baunya seperti apa campur-campur.


(ver/ir)
News Feed