ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jun 2012 12:46 WIB

Ulasan Khas

Berapa Banyak Orang yang Punya Bau Badan?

Putro Agus Harnowo - detikHealth
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta - Pemilik bau badan wajar jika dihindari oleh orang-orang di sekitarnya karena dianggap sebagai sumber polusi penciuman. Selain itu, orang yang punya bau badan memang tak banyak sehingga bisa dianggap sebagai kelainan. Dalam kehidupan sosial yang rapi dan teratur, pemilik bau badan bisa dianggap sebagai pengacau ketentraman.

Tapi sebenarnya, bau badan adalah hal yang wajar dan bahkan hampir semua orang mungkin pernah mengalaminya. Kenapa demikian? Karena setiap orang pernah menjadi remaja dan remaja adalah masa di mana orang paling rentan mengalami bau badan.

"Ketika memasuki masa pubertas, terjadi kenaikan hormon dalam tubuh sehingga memicu kelenjar keringat memproduksi keringat lebih banyak. Maka normal apabila para remaja memiliki bau badan, orangtua tidak perlu khawatir," kata dr Dani Djuanda Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading seperti dihubungi detikHealth, Rabu (13/6/2012).

Untuk mengatasi masalah bau badan ini, remaja cukup menggunakan deodoran. Remaja dan orangtua tak perlu cemas karena masalah ini lumrah dan akan menurun seiring pertambahan usia. Sedangkan untuk orang dewasa, kasus orang yang mengalami masalah bau badan sangatlah sedikit.

"Kalau remaja, bisa dibilang 75% di antaranya mengalami masalah bau badan. Tapi kalau orang yang usianya sudah dewasa yang mengalami bau badan, jumlah kasusnya tidak sampai 10% dari populasi," kata dr Dani.

Untuk orang dewasa yang bermasalah dengan bau badan, mengubah pola makan dengan mengurangi makanan berlemak dan memperbanyak sayuran biasanya cukup membantu. Menggunakan pakaian berbahan katun yang mudah menyerap keringat juga akan menurunkan kerentanan bau badan.

Menjaga kebersihan badan adalah salah satu solusi efektif untuk mencegah bau badan. Namun jika cara-cara tersebut masih tidak menyelesaikan masalah, bisa jadi bau badan disebabkan faktor genetik dan faktor-faktor lain yang tidak bisa dijelaskan atau faktor "X".





(pah/ir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT