Rabu, 01 Mei 2013 10:37 WIB

Ada Apa dengan Asma?

Olahraga-olahraga Berbahaya yang Bisa Memicu Serangan Asma

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Topik Hangat Ada Apa dengan Asma?
Jakarta - Asma adalah salah satu penyakit saluran pernafasan yang dalam tahap berat akan sangat mengganggu aktivitas pengidapnya. Jangankan untuk olahraga, untuk keluar rumah saja mungkin membutuhkan kesiapan kesehatan yang total.

Tetapi, jangan khawatir. Ada beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita asma dalam tahap ringan seperti disampaikan Prof dr Faisal Yunus, SpP(K), MD, PhD dalam perbincangan dengan detikHealth, yang ditulis Rabu (1/5/2013).

Menurut Prof Faisal pasien atau penderita asma boleh melakukan olahraga bahkan sangat disarankan. "Tetapi yang disarankan adalah olahraga yang bisa memperbaiki keadaan paru-parunya seperti berenang, senam, dan sepeda, 3 olahraga ini sangat dianjurkan bagi penderita asma," ujar dokter spesialis paru RS MH Thamrin ini.

Olahraga seperti berenang akan melatih dan meningkatkan fungsi serta kapasitas paru-paru jika dilakukan secara rutin. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika penderita asma ingin melakukan olahraga lainnya.

Ada beberapa olahraga yang tidak disarankan bahkan berbahaya bagi penderita asma. "Olahraga yang berbahaya atau dilarang adalah olahraga yang dilakukan dalam waktu cepat dan singkat seperti lari, sprint, tenis, basket. Berbeda dengan bola, kalau bola pemainnya tidak terus-terusan dari awal sampai akhir berlari kan? Jadi masih tidak apa-apa," jelasnya.

Seperti diketahui, asma mulai mengganggu aktivitas penderitanya dalam tahap persisten sedang. Sebab, pada tahapan ini arus puncak ekspirasi (APE) dan volume ekspirasi paksa (VEP) terbaik pada paru-paru hanya 60-80 persen.

Oleh sebab itu, Prof Faisal menyarankan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga. "Sebelum melakukan olahraga ada baiknya melakukan pemanasan, kalau takut terjadi hal berbahaya sebaiknya pakai inhealernya dulu baru beraktivitas atau berolah raga," katanya.

Nah, untuk Anda penderita asma tidak perlu khawatir untuk melakukan olahraga, khususnya olahraga yang tentu direkomendasikan untuk Anda. Dengan olahraga yang tepat tentu dapat membawa manfaat.

(up/up)
Topik Hangat Ada Apa dengan Asma?