Rabu, 01 Mei 2013 17:35 WIB

Ada Apa dengan Asma?

Makanan yang Harus Dihindari Pasien Asma

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
(Foto: thinkstock)
Topik Hangat Ada Apa dengan Asma?
Jakarta - Penyakit asma memiliki banyak faktor penyebab, seperti debu rumah, bulu binatang, asap rokok dan asap obat nyamuk. Makanan tertentu terkadang juga bisa memicu asma. Apa saja?

Sama seperti pencetus alergi, makanan atau minuman tertentu memang bisa memicu kambuhnya asma pada penderitanya. Misalnya seorang penderita asma alergi terhadap menu udang-udangan, maka akan kambuh asmanya jika mengonsumsi udang-udangan.

"Makanan apa saja bisa memicu asma karena asma bersifat individual. Cokelat, kacang, udang, susu, semua bisa menjadi pemicunya dan bisa jadi berkaitan dengan alergi yang dimiliki penderita," ujar Prof dr Faisal Yunus, SpP(K), MD, PhD, spesialis paru RS MH Thamrin, saat dihubungi detikHealth, Rabu (1/5/2013).

Sebisa mungkin pasien harus mengenali sendiri makanan apa saja yang dapat menjadi pencetus penyakitnya. Setelah itu hindari makanan atau minuman tersebut.

Praktisi kesehatan dan RS Medistra, DR Dr Aru Sudoyo, SppD, K-HOM, FINASIM, FACP juga menyampaikan hal yang sama. Menurut Dr Aru, layaknya asap rokok, ada beberapa makanan yang memang bisa memicu kambuhnya asma pada penderitanya.

Namun tidak bisa digeneralisasikan makanan apa saja, karena tidak semua makanan bisa memicu asma pada penderitanya. Hal ini bergantung pada masing-masing penderita asma tersebut.

"Alergen ini ada bermacam-macam, tidak bisa dibuat secara generalisasi pada semua penderita asma. Antara penderita asma yang satu dengan yang lain belum tentu sama apa pemicunya," jelas Dr Aru.

(mer/up)
Topik Hangat Ada Apa dengan Asma?