Rabu, 22 Mei 2013 11:07 WIB

Ulasan Khas Mata Sehat

Ini Dia Syaratnya Jika Anda Ingin Jadi Pendonor Mata

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
(Foto: thinkstock)
Jakarta -

Betapa mulianya para pendonor mata. Ketika raga tak lagi bernyawa, organ tubuhnya masih bisa menjadi penerang hidup orang lain. Berminat? Penuhi dulu syaratnya bila Anda ingin jadi pendonor mata.

Mata merupakan organ penting manusia karena informasi sehari-hari yang kita tangkap 83 persen berasal dari mata. Bisa dibayangkan apa yang terjadi bila mata Anda tidak berfungsi dengan baik.

Berkurangnya kemampuan penglihatan individu akan menyebabkan perubahan persepsi pada lingkungan dan berdampak pada kualitas kerja sehari-hari, bahkan berdampak pada tingkat produktivitas, hubungan sosial dan kemampuan ekonomi.

Maka tidaklah berlebihan bahwa kebutaan merupakan malapetaka bagi individu tersebut dan keluarganya, yang sebagian besar adalah kelompok masyarakat kurang mampu dan menyebabkannya bersedia 'menukarkan' 67-95 persen sisa hidupnya untuk dapat melihat kembali.

Salah satu cara membuat tuna netra melihat kembali adalah adanya donor mata. Sayangnya, di Indonesia jumlah orang yang mau mewasiatkan matanya untuk didonorkan setelah meninggal sangatlah sedikit. Padahal donor mata sangat dibutuhkan bagi orang yang mengalami kebutaan kornea.

"Kendalanya, pertama karena ketidakpedulian dan kedua tabu. Banyak orang menganggap bahwa donor mata itu tidak boleh karena mata diminta pertanggungjawabannya di akhirat. Mereka takut kalau nanti matanya dipakai untuk hal-hal yang jahat. Padahal mata dan penglihatan adalah hal yang berbeda," jelas Dr. dr. Tjahjono Darminto Gondhowiardjo, Sp.M, anggota baru Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), dalam artikel detikHealth sebelumnya.

Lalu bagaimana bila ingin jadi pendonor mata?

"Selama tidak ada kelainan serius pada kornea yang menjadi kontraindikasi, boleh menjadi donor (mata)," jelas Dr Gitalisa Andayani, SpM, dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKUI-RSCM Kirana, saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Rabu (22/5/2013).

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi bila Anda ingin menjadi pendonor mata, seperti disampaikan Dr Gita:

1. Usia sudah di atas 17 tahun dan iklas tanpa paksaan dari pihak lain
2. Mendapatkan persetujuan keluarga atau ahli waris
3. Terdaftar di Sekretariat Bank Mata Indonesia (Hot line Bank Mata - CP Pak Rosikin No HP 081381033320)
4. Mengisi surat pernyataan lengkap

"Sebagai bukti pendaftaran calon donor mata yang telah berhasil akan mendapatkan Kartu Anggota Calon Donor Mata. Segala proses pendaftaran calon donor mata adalah tidak dipungut biaya atau gratis," tegas Dr Gita.

(mer/vit)