Rabu, 04 Des 2013 08:03 WIB

Penyakit yang Ditularkan Hewan

Pelihara Hewan-hewan Ini di Rumah? Waspada Tertular Penyakit Berbahaya

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock) Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Siapa yang tak gemas melihat tingkah laku hewan peliharaan seperti kucing atau anjing? Tak hanya menyenangkan, memelihara hewan diketahui juga bisa mengurangi stres. Namun jangan salah, beberapa hewan yang tampak lucu juga bisa menjadi sumber penyakit berbahaya bagi manusia lho.

"Di bidang kedokteran manusia, 1.415 agen penyakit, 60 persennya itu zoonosis atau bersumber dari hewan. Penularannya cepat, menimbulkan angka kematian yang tinggi dan jumlah orang yang terjangkit penyakit itu juga banyak," ujar drh Wiwiek Bagja selaku Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI), saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (4/12/2013).

Salah satu hewan yang banyak dipelihara adalah kucing. Menurut drh Wiwiek, kucing memiliki beberapa penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada dirinya sendiri atau dari kuman toksoplasma. Toksoplasma sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis parasit yang tumbuh subur di perut kucing. Meskipun demikian, tidak semua kucing memiliki parasit ini.

"Tapi kucing di kampung-kampung yang suka minum air di kali yang kotor bisa kemasukan toksoplasma dan menyebar. Setiap kucing juga ada yang menunjukkan gejala dan ada yang tidak. Gejala kucing terkena toksoplasma di antaranya lumpuh pada kaki belakang dan jalannya diseret," lanjut drh Wiwiek.

Nah, toksoplasma ini nyatanya juga bisa masuk ke tubuh manusia. Feses kucing yang terserap tanah dan menempel pada tumbuh-tumbuhan bisa tertelan oleh manusia. Selain melalui kucing, toksoplasma juga bisa masuk ke tubuh manusia melalui kambing atau telur mentah.

"Makanya kalau mau konsumsi makanan mentah cuci dulu yang bersih, termasuk juga hindari daging kambing yang diolah setengah matang. Ingat juga untuk selalu rajin cuci tangan. Kalau punya kucing dibuang fesesnya dengan benar. Wanita hamil juga selalu pastikan makan makanan yang matang dan tempat tinggalnya bersih dari feses kucing," tegas drh Wiwiek.

Sependapat dengan drh Wiwiek, drh Olan Sebastian, MM, salah seorang anggota Ikatan Alumni Kedokteran Hewan IPB, menuturkan kepada detikHealth bahwa 167 penyakit manusia bisa ditularkan melalui hewan. Hewan ternak seperti ayam bisa menularkan flu burung, sementara sapi dan babi bisa menularkan antraks.

"Kalau hewan peliharaan seperti anjing bisa menularkan rabies dan kucing menularkan toksoplasma. Sementara kelinci menularkan penyakit kulit, scabies oleh tungau atau demodicosis berupa kudis dan kulit kemerahan. Kalau Anda memelihara hewan maka wajib melakukan vaksin rutin setahun sekali dan bersertifikat," tutur drh Olan.

(ajg/vta)