Rabu, 12 Feb 2014 16:46 WIB

Tes Masuk Anak Sekolah

Pola Belajar Tepat Bagi si Kecil yang Baru Masuk SD

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Tes masuk anak sekolah
Jakarta - Pola belajar anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang sangat berpengaruh dengan kemampuannya di masa depan. Ada anak yang akhirnya jenuh belajar karena sudah 'dipaksa' dari kecil. Lantas, pola belajar seperti apa yang tepat bagi si kecil yang baru masuk SD?

Setiap anak tidak bisa dipaksakan belajar dengan pola yang sama, karena masing-masing anak adalah unik. Orang tua dan guru harus bisa mengenali karakter anak sebelum menentukan bagaimana pola belajar yang tepat baginya.

"Pola belajar anak disesuaikan dengan tipikal anaknya. Kalau anaknya memang suka ngomong, waktu dia cerita ya biarkan dia cerita, setelah itu ajak lagi mengerjakan PR atau belajar," jelas Irene Guntur, M.Psi, Psikolog, CGA, psikolog pendidikan, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (12/2/2014).

Bagi si pendiam, lanjut wanita yang akrab disapa IG ini, anak harus tetap diajak berkomunikasi. Tanyakan bagaimana kegiatannya selama di sekolah. Yang tak kalah penting, orang tua harus bisa mengajarkan anak disiplin, pintar membagi waktu kapan harus belajar, mengerjakan PR, dan bermain.

"Orang tua memang harus sabar saat mengajari anak. Biar bagaimana pun orang tua sudah pernah SD tapi anak kan belum. Jangan lupa sesuaikan dengan tipikal anaknya," tutur IG yang juga pengajar di Universitas Tarumanegara.

Jika yang mengajari berubah, misal kadang ibu, nenek, pengasuh, atau anggota keluarga lain, IG berpesan yang perlu dilakukan adalah mendelegasi.

"Ajak mereka berkumpul dan katakan bahwa si anak ini tipenya begini, dia harus belajar seperti ini. Jangan sampai terjadi perbedaan dalam mengajari karena bisa membuat anak jadi bingung dan dia tidak konsisten dengan apa yang sudah dia pelajari selama ini," tutup IG.



(mer/up)
Topik Hangat Tes masuk anak sekolah