Rabu, 26 Feb 2014 09:01 WIB

Ukuran Alat Kelamin

Seperti Ini Lho Ukuran dan Bentuk Mr P yang Normal di Mata Dokter

Zanel Farha Wilda - detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Topik Hangat Ukuran Kelamin
Jakarta - Banyak pria di belahan dunia manapun, entah itu di Asia atau di negara-negara Barat sama-sama pernah mengidap 'penis anxiety', cemas dan tak puas dengan ukuran penisnya, sekalipun ukuran penis mereka di atas rata-rata. Lalu penis seperti apa yang dikategorikan normal di mata dokter?

"Ukuran normal penis dari sisi medis itu sesuai dengan rata-rata statistik. Biasanya untuk orang Asia itu statistik normalnya 9,7 hingga 15,1 cm," ungkap Dr Heru H. Oentoeng, M.Repro., SpAnd., dari RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/2/2014).

Namun Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar tak menampik jika ukuran penis normal memang sering diperdebatkan.

"Penis dengan ukuran lebih pendek dari 4 cm dalam keadaan lemas dan lebih pendek dari 7 cm dalam keadaan ditarik, dapat dianggap di bawah normal. Tetapi ukuran 4 dan 7 cm jangan dianggap sebagai nilai absolut sebagai suatu kondisi untuk mendapat pengobatan. Kondisi ini harus dikaitkan juga dengan variabel lain seperti Indeks Massa Tubuh (BMI) dan perkembangan organ seksual lainnya seperti testis dan kelenjar kelamin," tegasnya.

Agar tidak simpang siur, patokan standar ukuran penis normal telah ditetapkan oleh National Academy of Surgery di Prancis yang menetapkan bahwa standar penis normal adalah jika panjangnya antara 9 cm hingga 9,5 cm dalam kondisi lemas dan 12,8 hingga 14,5 cm dalam keadaan ereksi. Di luar rentang tersebut, barulah penis dapat dikatakan terlalu kecil atau terlalu besar.

Standar baku untuk ukuran penis normal tidak hanya dilihat dari panjangnya, melainkan juga keliling atau lingkar penisnya. Lingkar penis normal adalah 8,5 cm hingga 9 cm dalam kondisi lemas dan 10 cm hingga 10,5 cm saat mengalami ereksi penuh.

Namun para pria Indonesia patut berbangga karena termasuk sebagai negara dengan penis terpanjang, setidaknya di wilayah Asia Tenggara. Hal ini didasarkan sebuah peta interaktif yang menggambarkan peringkat negara-negara di seluruh dunia berdasarkan ukuran penisnya yang beredar di tahun 2011.

Sebagai perbandingan, berikut rata-rata ukuran penis beberapa negara di Asia Tenggara:
- Kamboja (10,04 cm)
- Thailand (10,16 cm)
- Myanmar (10,7 cm)
- Filipina (10,85 cm)
- Vietnam (11,47 cm)
- Malaysia (11,49 cm)
- Singapura (11,53 cm)
- Indonesia (11,67)

(lil/vit)
Topik Hangat Ukuran Kelamin